Share

Mengenal Fenomena Pink Moon yang Sempat Terjadi di Ramadan 2022

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 18 April 2022 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 56 2580839 mengenal-fenomena-pink-moon-yang-sempat-terjadi-di-ramadan-2022-XdcsH1jKXi.jpg Mengenal fenomena Pink Moon yang sempat terjadi di Ramadan 2022 (Foto: NASA/Bill Dunford)

JAKARTA - Fenomena Pink Moon atau Bulan Purnama Merah Muda dilaporkan sempat muncul akhir pekan kemarin, mulai dari Sabtu (16/4) hingga Senin (18/4).

Dilansir dari Live Science, Senin (18/4/2022), NASA menyatakan bahwa fenomena Pink Moon ini hanya bisa dilihat sesaat, di mana berlangsung pada 01.55 WIB.

"Dengan kata lain, ini akan menjadi akhir pekan bulan purnama," kata Eksekutif Program di Direktorat Misi Sains di Markas Besar NASA, Gordon Johnston.

Menurut Timeanddate, kemunculan Pink Moon bakal tampak di Indonesia, yakni pada Minggu (17/4) dini hari. Fenomena ini juga bisa disaksikan langsung dengan mata tanpa bantuan alat.

Disebukan bahwa Bulan Purnama Pink ini bakal menjadi pemandangan yang indah untuk dilihat, meski tidak akan benar-banar tampak merah muda.

Di negara-negara barat, fenomena ini bertepatan dengan musim mekarnya bunga moss pink yang merupakan tanaman asli dari AS timur.

Atas dasar itu, nama lain dari Bulan Purnama yang muncul setiap April ini, termasuk Sprouting Frass Moon, Egg Moon, dan Fish Moon, sebab ini adalah waktu yang secara historis mencatat momen ketika ikan-ikan berenang ke hulu untuk bertelur.

Dikutip dari CNET, fenomena ini memperlihatkan Bulan yang tampak lebih besar dan paling terang. Ini merupakan Bulan purnama pertama dari musim semi utara.

Pink Moon sendiri, menunjukkan bahwa Bulan berada di titik terdekat dengan Bumi pada jalurnya yang agak elips, membuatnya tampak sekitar 30 persen lebih besar dibandingkan posisinya ketika berada pada titik terjauh dari Bumi.

Bila malam terdapat kabut, mungkin Anda akan melihat rona oranye. pada Bulan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini