Share

Cara Mengatasi Speaker HP Terkena Air, Salah Satunya Rendam di Beras

Selasa 19 April 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 57 2581083 cara-mengatasi-speaker-hp-terkena-air-salah-satunya-rendam-di-beras-YolZskfQ1q.jpg Cara mengatasi speaker HP terkena air, salah satunya rendam di beras (Foto: Bullfrag)

JAKARTA - Cara mengatasi speaker HP terkena air perlu diketahui oleh pengguna, sebab ketika hal itu terjadi bakal mengganggu kualitas yang keluar dari perangkat, atau memengaruhi pengaturan volume hingga speaker rusak total.

Mengingat teknologi sekarang ini sudah jauh lebih hebat, banyak HP kini didesain untuk tahan terhadap paparan air, tetapi masih banyak orang yang menggunakan perangkat model lama.

Artinya, speaker HP mereka berisiko mengalami kerusakan ketika terkena air karena desainnya tidak didukung oleh teknologi kedap air, seperti keluaran-keluaran terbaru.

Lantas bagaimana cara mengatasi speaker HP terkena air? Dirangkum dari berbagai sumber, selengkapnya berikut ini:

1. Bersihkan HP dari Air

Membersihkan HP saat tercebur di air perlu dilakukan, hal ini untuk menghilangkan embun atau sisa debu yang menempel pada speaker. Misalnya, bersihkan saja bagian luarnya, bisa sedikit membantu menghilangkan suara kresek dari speaker.

2. Rendam di Beras

Beras memiliki sifat yang mampu menyerap air dengan sangat baik, sehingga bisa mengeringkan komponen HP yang lembab termasuk speaker. Untuk melakukannya, siapkan beras ke dalam mangkuk atau wadah, kemudian kubur HP di dalamnya.

3. Keringkan dengan Kipas angin atau Hairdryer

Langkah lainnya yang bisa dicoba, yakni melepas komponen dan letakkan di depan kipas angin. Arahkan kipas angin agar fokus ke bagian speaker HP supaya pengeringan lebih maksimal. Lakukan cara ini kurang lebih selama 5 jam sampai air di dalam speaker HP benar-benar kering.

Selain menggunakan kipas, bisa memilih hairdryer. Sebab, alat pengering rambut ini dapat mengeluarkan panas di mana bisa digunakan untuk mengeringkan embun air yang menempel pada speaker.

4. Atur volume suara

Selanjutnya, cek pengaturan volume HP dengan membuka menu setting, lalu pilih menu suara dan atur volumenya. Hal ini, dilakukan untuk memastikan apakah suara yang dikeluarkan oleh speaker masih normal atau tidak.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi speaker HP terkena air, semoga bermanfaat.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini