Share

Ilmuwan Ciptakan Robot Canggih Mirip Simbiosis Venom, Bisa Bantu Tindakan Operasi

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 56 2581361 ilmuwan-ciptakan-robot-canggih-mirip-simbiosis-venom-bisa-bantu-tindakan-operasi-hd2tJuyCsc.jpg Ilmuwan ciptakan robot canggih mirip simbiosis Venom, bisa bantu tindakan operasi (Foto: New Scientist)

JAKARTA - Imajinasi tentang operasi robotik mungkin bukan lagi sebatas lengan robotk yang dikendalikan dari jarak jauh, atau kamera endoskopi kecil yang membantu ahli bedah manavigasi organ dalam.

Dilansir dari CNET, Selasa (19/4/2022), kini sudah ada Robot Slime yang dikendalikan secara magnetis dan bisa merayap melalui saluran pencernaan manusia. Robot ini, bisa menelan benda-benda kecil di dalam tubuh manusia.

Sekilas, wujud dari Robot Slime ini mirip dengan bentuk simbiosis karakter Marvel Comics, Venom. Ia pun disebut sebagai Reconfigurable Magnetic Slime Robot.

Robot ini sangat elastis seperti siput, dapat menembus ruang sempit, membungkus benda, dan bahkan "menyembuhkan diri sendiri" setelah dipotong menjadi dua.

Dibuat oleh tim peneliti di Chinese University of Hong Kong (CUHK), Slime Robot merupakan cairan non-Newtonian, yang berarti dapat begerak secara bebas sebagai bentuk yang padat maupun cair.

Slime ini, terbuat dari campuran PVA dan boraks, tetapi siapapun juga bisa membuat cairan non-Newtonian sendiri di rumah menggunakan tepung maizena dan air.

Menurut Li Zhang, seorang profesor dari Departemen Teknik Mesin dan Otomasi di CUHK dan salah satu pemimpin proyek, sifat robot yang dapat menjadi padat dan cair ini memungkinkannya cukup elastis untuk bergerak, dan cukup kuat untuk membungkus benda-benda seperti kabel atau bantalan bola (laher).

Robot tersebut, busa dikendalikan berkat penanaman partikel magnetik yang sangat kecil, lalu dicampur ke dalam cairan, sehingga memungkinkan Slime Robotik ini dimanipulasi dengan medan magnet.

Kontrol untuk robot datang dalam bentuk partikel magnetik kecil, dicampur ke dalam cairan, yang memungkinkan lendir dimanipulasi dengan medan magnet.

Harapannya, Robot Slime bisa diuji untuk diaplikasikan dalam tindakan operasi penyakit dalam, di mana ia dapat digunakan untuk melewati saluran pencernaan tanpa menyebabkan kerusakan.

"Saat ini idenya adalah apakah kita dapat menggunakan Robot Slime untuk menelan bahan berbahaya di perut atau usus kecil Anda. Misalnya, jika seseorang tidak sengaja menelan baterai," kata Zhang.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini