Share

Heboh Kemunculan "Gerbang Neraka" di Tengah Danau, Apa Penyebabnya?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 56 2582129 heboh-kemunculan-gerbang-neraka-di-tengah-danau-apa-penyebabnya-RXy0e68L56.jpg Heboh kemunculam "Gerbang Neraka" di tengah danau, apa penyebabnya? (Foto: YouTube/Evan K)

JAKARTA - Sebuah lubang aneh yang dijuluki "Gerbang Neraka" telah terbuka, ia muncul di tengah danau Berryessa, Lembah Napa timur, yang terletak di puncak Bendungan Monticello, California.

Menghasilkan efek pusaran yang mengagumkan, lubang raksasa selebar 22,86 meter itu terjadi setelah permukaan air di waduk danau Berryessa menjadi terlalu tinggi.

Dilansir dari Mirror, Rabu (20/4/2022), kelebihan air bisa menciptakan pusaran yang menyedot air ke lubang besar dan menghasilkan efek yang spektakuler.

Lubang itu, sekali lagi terlihat di permukaan danau dengan kedalaman 76,2 meter, yang berfungsi sebagai lubang pembuangan yang menelan sekitar 1.360 meter kubik air per detik ketika permukaan air danau naik di atas 4,5 meter.

Seorang insinyur pada 1950-an membangun spillway sebagai alternatif dari saluran pembuangan, ini digunakan untuk mengontrol aliran air keluar dari bendungan atau tanggul.

Sejak saat itu, lubang tersebut telah membangun reputasi yang cukup baik di kalangan masyarakat.

Ratusan penonton pun pada 2017 silam rela datang untuk menyaksikan tontonan menakjubkan dari pembukaan “Gerbang Neraka”.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini