Share

ZenPro, Teknologi Jualan Online yang Gak Bikin Ribet

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 57 2582013 zenpro-teknologi-jualan-online-yang-gak-bikin-ribet-qY7OkEK0Am.jpeg ZenPro, teknologi jualan online (foto: istimewa)

JAKARTA - Saat ini keberadaan digital bukan lagi menjadi pilihan, melainkan sudah menjadi sebuah keharusan bagi semua pelaku bisnis. Tercatat, selama pandemi berlangsung, jumlah UMKM yang beralih menjadi pelapak online melonjak dua kali lipat menjadi hampir 16 juta.

Peralihan dari toko offline menjadi toko online ini membantu pelaku UMKM untuk tetap bisa bertahan dan bahkan mengembangkan bisnisnya. Menurut survei Katadata Insight Center (KIC), pelaku UMKM menerima jumlah pesanan online yang signifikan, terutama dari platform marketplace.

Hasil survei terhadap 392 UMKM di sejumlah kota di Indonesia menemukan bahwa omzet terbesar berasal dari Shopee (57%), Tokopedia (28%), Lazada (6%), Bukalapak (3%), dan Blibli (2%). Rata-rata pelaku UMKM juga merasakan dampak positif dari berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace, seperti promo, pemasaran produk/toko, keamanan bertransaksi, dan kemudahan akses pengguna.

BACA JUGA: Cara Membuat Website Jualan Online Tanpa Coding 

Melihat tren tersebut, platform teknologi edukasi Zenius pun menghadirkan program kursus pengelolaan toko online bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Kursus ini tersedia di platform ZenPro, layanan pembelajaran dalam ekosistem Zenius, yang dapat diakses secara gratis dengan menggunakan Kartu Prakerja.

“Pengelolaan toko online merupakan keahlian yang penting untuk dikuasai, terutama untuk pemilik bisnis, atau mereka yang ingin bekerja sebagai spesialis e-commerce. Tidak cukup hanya dengan mendaftar dan mengunggah produk, faktanya kita juga perlu mengetahui cara mengoptimalisasi penjualan, memanfaatkan fitur-fitur e-commerce, menganalisa data penjualan, hingga memasang iklan dengan efektif. Semua hal tersebut kami rangkum dalam materi pelatihan ZenPro yang ringan, detil, dan mudah dimengerti, agar setiap orang bisa mempraktekannya,” ungkap Ary Mozta, AVP Marketing Lifelong (ZenPro).

ZenPro akan membahas langkah-langkah teknis untuk manajemen toko online di tiga platform ternama, yakni Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Selain hal-hal teknis, kelas ini juga akan memaparkan keterampilan komunikasi untuk keperluan pengembangan bisnis, layanan pelanggan, dan tools-tools digital yang bisa digunakan untuk memasarkan produk. Kelas dilaksanakan dengan metode belajar mandiri (menonton video, membaca bacaan, dan tugas mandiri, tanpa webinar) agar bisa menyesuaikan dengan profil peserta yang memiliki kesibukan tersendiri.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini