Share

Cara Akses Google Meet di HP OS Android dan iOS

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 25 April 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 54 2583761 cara-akses-google-meet-di-hp-os-android-dan-ios-UYLmUifiBP.jpg Cara akses Google Meet di HP OS Android dan iOS (Foto: XDA Developers)

JAKARTA - Cara akses Google Meet di HP Sistem Operasi (OS) Android dan iOS ternyata sangat mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.

Aplikasi ini, semula hanya tersedia untuk organisasi yang menggunakan fitur G Suite, tetapi kini Google memperbolehkan siapa saja menggunakan fitur video chat di sana secara gratis.

Sebelum menggunakan fitur Google Meet, pertama-tama Anda diharuskan untuk membuat akun email Google. Akun ini dapat Anda buat secara gratis.

Dengan akun email itu, Anda dapat menjadwalkan video chat, mengundang teman, atau bergabung dengan ruang yang sudah tersedia.

Adapun apliksi yang mirip dengan Hangouts dan Duo ini, memiliki keunggulan dapat memuat 100 peserta dalam satu ruang obrolan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara akses Google Meet di HP OS Android dan iOS:

1. Download Aplikasi Google Meet

Langkah pertama dalam menggunakan aplikasi Google Meet adalah mendownload aplikasi di Android atau iOS. Google Meet bisa digunakan di mana saja dan kapan saja. Ketika Anda tidak memiliki laptop atau PC maka bisa mendapatkannya melalui smartphone.

2. Mendaftar pada Laman Google Meet

Sebelum memulai ruang obrolan, pertama-tama Anda harus mendaftar terlebih dahulu melalui laman meet.google.com. Pada laman itu, Anda akan diminta untuk mengisi data diri berupa nama, email, negara dan jenis penggunaan seperti pekerjaan atau pendidikan.

Setelah itu, Anda perlu menyetujui syarat dan ketentuan yang disediakan sebelum akhirnya mengirim data diri tersebut.

3. Memulai Ruang Obrolan

Pada laman Google Meet, klik tombol Start New Meeting untuk membuat ruang obrolan. Setelahnya, Anda akan diarahkan untuk memilih akun email yang hendak digunakan untuk membuat ruang obrolan.

Jika akun sudah Anda pilih, klik Join Meeting untuk memulai ruang obrolan. Setelah ruang berhasil dibuat, Anda dapat mengundang teman dan memulai obrolan.

4. Tambahkan Partisipan

Untuk menambahkan partisipan, Anda bisa menghubungkan langsung nomor HP peserta atau email pesertanya. Jika Anda ingin join atau gabung meeting, maka bisa melakukan login dengan link dan password yang disediakan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini