Share

Cerita Vina Muliana, dari Iseng Bikin Konten hingga Dapat TikTok Awards

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 57 2583311 cerita-vina-muliana-dari-iseng-bikin-konten-hingga-dapat-tiktok-awards-wZCgqPSyj3.jpg Cerita Vina Maulina, dari iseng bikin konten hingga dapat TikTok Awards (Foto: Istimewa)

JAKARTA - TikTok menjadi salah satu media sosial yang cukup banyak digemari, khususnya di Indonesia. Salah satu kreator TikTok yang cukup menyita perhatian adalah Vina Muliana. Ia sampai-sampai memenangkan penghargaan TikTok Awards Indonesia 2021 di bulan Februari lalu.

Bagaimana sih cerita awalnya Vina terjun ke dunia konten kreator? Wanita yang juga berprofesi sebagai HR di BUMN ini membagikan kisahnya dengan BuddyKu.

Sebelumnya, sudah banyak para konten kreator dengan berbagai macam “genre” yang dipilih sesuai dengan kemampuan dan minat dari masing-masing kreator. Vina sendiri fokus dengan membagikan konten edukasi yang berfokus pada karir dan pengembangan diri.

Ternyata, ia memulai menjadi konten kreator itu nggak sengaja bermula dari keisengan mencari kegiatan yang bisa dilakukan di rumah saja pada saat pandemi di tahun 2021 lalu.

“Dulu awalnya itu karena memang di masa pandemi 2021, pandemi lagi tinggi-tingginya. Seperti kebanyakan orang lain mencari kesibukan lain di rumah saja, akhirnya saya memutuskan untuk mengunduh salah satu aplikasi yang lagi tren; TikTok,” ujarnya membuka obrolan.

Konten pertama yang dilihat di TikTok ternyata mengubah ia menjadi konten kreator hingga bisa mengantarkan dirinya memiliki banyak sekali pengikut di media sosial.

“Ternyata video pertama yang dilihatkan ke saya itu adalah seseorang sedang nangis karena baru dipecat dari pekerjaannya. Dari video-video itu banyak video-video lain yang memperlihatkan bagaimana susahnya mendapatkan pekerjaan terutama saat pandemi,” ungkap pemilik akun @vmuliana.

Seperti yang kita ketahui, melamar pekerjaan memang nggak pernah mudah. Bahkan kita nggak tahu harus ngapain dan hal-hal tersebut nggak diajarin pada saat kuliah dulu.

“Kalau flash back tujuh tahun lalu saat pertama kali saya baru lulus kuliah dan melamar pekerjaan itu nggak pernah mudah. Kita nggak tahu harus ngapain karena kadang hal-hal tersebut nggak diajarkan pada saat kuliah dulu,” sambungnya.

Ditambah lagi saat ia sedang mencari pekerjaan dulu sebelum pandemi merasakan kesusahan untuk mendapatkan pekerjaan. Apa lagi saat pandemi, yang banyak perusahaan melakukan lay-off, mereka juga harus bersaing lebih ketat.

Ia pun berfikir kenapa nggak ada yang menjawab permasalahan mereka? Mereka harus ngapain? Dan lain sebagainya.

Dari situ lah yang memotivasinya untuk membuat konten untuk menjawab permasalahan-permasalah mereka.

“Yaudah akhirnya saya membuat satu video dengan fokus membahas soal karir bagaimana caranya agar lebih cepat diterima; bahas soal membuat CV, wawancara kerja, penampilan dan pengembangan diri.”

Kontennya menjadi lebih menarik karena ia kerja di BUMN sehingga memiliki spesialisasi di sana, jadi ada beberapa kontennya yang ngomongin soal BUMN yang nggak banyak orang bahas mengenai hal tersebut.

Akhirnya dari video yang ia buat kontennya menjadi banyak ditonton dan disukai sehingga menjadikannya banyak mendapat pengikut di media sosial.

“(Dari video yang ia buat viral) Sebulan pertama bisa mendapatkan 100 ribu pengikut dan dalam waktu empat bulan pengikut saya mencapai satu juta,” tambahnya.

Dari konten-kontennya yang berfokus pada pekerjaan, membawanya mendapatkan penghargaan TikTok Awards Indonesia 2021 dalam kategori Best of Learning & Education, yang diselenggarakan pada Jumat, 25 Februari lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini