Share

Begini Cara Mencari Jurnal di Google Scholar untuk Skripsi

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 57 2585624 begini-cara-mencari-jurnal-di-google-scholar-untuk-skripsi-EQe75apcw8.jpeg Begini cara mencari jurnal di Google Scholar untuk skripsi (Foto: iStock)

JAKARTA - Cara mencari jurnal di Google Scholar harus diketahui, terutama bagi yang masih berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir di mana tengah berkutat dengan skripsi.

Google Scholar tentu akan banyak membantu, mengingat para mahasiswa yang tengah menyusun skripsi membutuhkan sumber atau referensi terpercaya dan valid untuk menguatkan argumen penelitian. Referensi-referensi ini bisa berupa buku, jurnal ilmiah, disertasi, dan lain-lain.

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan Google Scholar atau nama lainnya Google Cendikia. Salah satu produk Google ini dipergunakan untuk mencari referensi atau sumber terpercaya.

Diketahui, Google Scholar ini diluncurkan pada 2004 silam dan menyediakan berbagai jurnal dari nasional hingga internasional.

Lantas, bagaimana dengan cara mencari jurnal di Google Scholar? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut.

- Masuk ke laman Google Scholar https://scholar.google.co.id/

- Log in ke Google Scholar menggunakan email Google.

- Anda akan menemukan tampilan layaknya Google pada umumnya.

- Untuk mendapatkan topik yang anda inginkan, ketik kata kuncinya pada kolom Search/Pencarian. Contohnya: “Penanganan Covid-19”. Lalu klik Enter.

- Jika sudah, akan muncul berbagai daftar jurnal mengenai topik yang telah anda cari.

- Untuk mendownload file yang anda inginkan, klik pada bagian kanan judul artikel atau buku yang bertuliskan “[PDF] kemenkes.com” (hanya contoh).

Ada pula beberapa fitur di dalam Google Scholar yang dapat anda manfaatkan. Seperti mencari jurnal berdasarkan tahun penerbitan atau berdasarkan penulisnya.

Tak hanya itu, Anda bisa memanfaatkan halaman metrix untuk mencari jurnal yang banyak dicari dalam Google Scholar.

Dalam penulisan skripsi, Anda biasanya akan diminta untuk mengutip sebuah tulisan, Anda bisa melakukannya dengan mudah dengan menggunakan fitur “cite” pada Google Scholar.

Demikian informasi yang dapat Okezone sajikan mengenai cara mencari jurnal di Google Scholar untuk skripsi, semoga bermanfaat.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini