Share

Mengenal Apa Itu NFC di Smartphone dan Kegunaannya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 57 2586227 mengenal-apa-itu-nfc-di-smartphone-dan-kegunaannya-mzebZuuhsU.jpg Mengenal apa itu NFC di smartphone dan kegunaannya (Foto: TechSpot)

JAKARTA - Mengenal apa itu NFC di Smartphone dan kegunaannya menarik untuk dikulik. Fitur Near Field Communication (NFC) mungkin sudah banyak ditemui di smartphone masa kini.

NFC memungkinkan komunikasi dua arah, dengan kedua perangkat yang terlibat dapat mengirim dan menerima informasi. Koneksi NFC ini tidak bergantung pada Wi-Fi, 3G, LTE atau lainnya, dan tidak ada biaya apa pun untuk menggunakannya.

Teknologi NFC ini, juga menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim dan menerima data melalui gelombang radio dengan kecepatan tinggi ketika memegang ponsel berdekatan satu sama lain.

Lantas apa kegunaan NFC di smartphone? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penjelasan berikut ini.

1. Membagikan Kontak

NFC memungkinkan pengguna untuk mengirim nomor ponsel dan detail kontak ke ponsel lain tanpa harus memasukkan detail secara manual. Untuk melakukan ini, buka Kontak yang ingin dibagikan, lalu sentuh ponsel secara bersamaan dan pilih untuk mengirim. Kontak yang dikirim akan disimpan ke Daftar Kontak di perangkat lain.

2. Mengirim Gambar atau Video

Untuk mengirim foto atau gambar dari ponsel ke perangkat lain, buka Gambar di aplikasi gambar pilihan, tempatkan bagian punggung perangkat bersamaan, lalu tekan Kirim/Send ketika diminta.

3. Mengirim Dokumen

Apabila ingin mengirim buku online, PDF, atau dokumen lain, maka dapat menggunakan Android Beam. Temukan dokumen di ponselmu, lalu buka menu Settings dan pilih Share > Android Beam. Dekatkan kedua perangkat, lalu tekan Kirim/Send ketika diminta.

4. Membagikan Aplikasi

Pengguna tidak dapat mengirim aplikasi secara langsung ke ponsel orang lain. Tetapi, ketika membuka aplikasi dan menyentuhkan ponsel bersamaan, pengguna bisa mengarahkannya untuk membuka aplikasi Play Store sehingga mereka dapat mengunduh dan memasangnya sendiri. Jika ponsel lain sudah memiliki aplikasi yang di-install, pengguna dapat membukanya dengan mengirimkannya dari ponsel.

Demikian pembahasan tentang apa itu NFC di smartphone dan kegunaannya, semoga berguna.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini