Share

3 Cara Cek Rest Area Terdekat untuk Mudik Lebaran 2022 via HP

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Sabtu 30 April 2022 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 57 2587420 3-cara-cek-rest-area-terdekat-untuk-mudik-lebaran-2022-via-hp-37e3GUi8Cn.jpg 3 cara cek rest area terdekat untuk mudik Lebaran 2022 via HP (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Cara cek rest area terdekat untuk mudik Idul Fitri (Lebaran) 2022 via handphone (HP) wajib diketahui bagi pemudik yang ingin mengendarai kendaraan pribadi lewat tol. Lokasi rest area ini, bisa Anda kunjungi untuk istirahat sejenak, melepas lelah dan penat saat perjalanan.

Terlebih jika jarak kampung halaman Anda mencapai ratusan kilometer. Ketika lelah sudah melanda, bahkan kantuk pun tiba, sebaiknya Anda mengistirahatkan badan beberapa saat sebelum melanjutkan perjalanan mudik lagi.

Tidak perlu bingung harus ke mana, dihimpun dari berbagai sumber, berikut tiga cara cek rest area terdekat buat mudik Lebaran 2022 via HP.

1. Pakai Google Maps

Google Maps merupakan aplikasi peta online gratis. Aplikasi ini, dapat diakses melalui browser web atau melalui perangkat mobile. Selain sebagai penunjuk arah, Anda juga bisa mengetahui rest area terdekat dengan lokasi Anda menggunakan aplikasi Google Maps.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Maps di ponsel dan pastikan izin akses fitur Lokasi telah diaktifkan.

Kemudian, pada kolom pencarian ketik 'Rest Area'. Nantinya, Google Maps akan menunjukkan beberapa titik pos peristirahatan terdekat yang bisa Anda dikunjungi.

Anda juga bisa melihat ulasan maupun foto dari lokasi rest area tersebut sebelum memutuskan untuk mengunjunginya. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store bagi para pengguna ponsel Android ataupun App Store untuk pengguna iPhone.

2. Lewat Waze

Selain Google Maps, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Waze untuk mencari rest area terdekat. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang sama seperti Google Maps, yakni menyediakan layanan peta dan navigasi.

Mencari rest area menggunakan Waze juga cukup mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi Waze di ponsel dan ketik 'Rest Area' di kolom pencarian.

Setelah itu, Waze akan menampilkan beberapa titik lokasi rest area terdekat yang dapat Anda dikunjungi. Anda pun bisa membaca informasi mengenai rest area tersebut di aplikasi Waze dengan mengetuk opsi 'Info'.

Sama seperti Google Maps, aplikasi ini juga bisa diunduh di Google Play Store untuk pengguna ponsel Android ataupun App Store untuk pengguna iPhone.

3. Melalui Travoy

Berbeda dengan dua aplikasi di atas, Travoy merupakan aplikasi yang menyediakan fitur peta saja, tidak dilengkapi dengan navigasi atau penunjuk arah.

Direktori informasi lokasi yang termuat di Travoy pun hanya diperuntukkan pada jalan tol di pulau Jawa. Oleh karenanya, Anda hanya bisa mencari rest area terdekat yang tersedia di beberapa titik pada ruas jalan tol pulau Jawa.

Cara cek rest area terdekat menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Anda hanya perlu membuka Travoy di ponsel, kemudian klik opsi 'Rest Area'. Nantinya, Travoy akan menampilkan sejumlah rest area di jalan tol yang terdekat dengan lokasi Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa melihat informasi ketersediaan fasilitas yang terdapat di rest area tersebut melalui Travoy, bahkan memeriksa tarif jalan tol yang perlu dibayar untuk sampai di tujuan kampung halaman.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Travoy pun bisa diunduh secara gratis di Google Play Store untuk pengguna ponsel Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini