Share

Temuan Baru, Teknologi Ultrasound Mampu Hancurkan Sel Kanker

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 02 Mei 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 56 2588267 temuan-baru-teknologi-ultrasound-mampu-hancurkan-sel-kanker-2NHKfsa75a.jpg Temuan baru, teknologi ultrasound mampu hancurkan sel kanker (Foto: Michigan Engineering/Marcin Szczepanski)

JAKARTA - Ilmuwan dari University of Michigan menerbitkan studi terbarunya, yakni tentang teknologi ultrasound yang dapat menghancurkan kanker dengan akurat.

Dilansir dari Ubergizmo, Senin (2/5/2022), metode ini disebut-sebut akan menjadi alternatif lain dalam pengobatan kanker. Adapun teknologi semacam ini, dikenal dengan histotripsi.

Dijelaskan, jika sel kanker nantinya bakal dihancurkan secara permanen dengan energi akustik pendek dari ultrasound yang disalurkan.

Karena non-invasif, beberapa area tertentu masih sangat sulit untuk dijangkau oleh ultrasound ini dan sangat bergantung pada sifat jaringan disekitarnya. Maka dari itu, saat ini para peneliti masih mempelajari bagaimana teknologi ini bisa efektif.

Sebagian besar data, berasal dari eksperimen yang berhasil pada tikus yang memiliki tumor hati. Para ilmuwan mengatakan, penghancuran sebagian tumor (50-70 persen) dapat menghentikan perkembangan penyakit.

Dalam beberapa kasus, bahkan tidak diperlukan perawatan lagi, sebab sistem kekebalan tubuh dapat membersihkan tumor yang tersisa. Dan kini percobaan pada manusia sedang dilakukan di AS dan di Eropa.

Sekarang ini, kanker hati tampaknya menjadi fokus penelitian, dan menempati peringkat di antara bentuk kanker yang lebih umum dan terparah di seluruh dunia. Diharapkan apa yang dilakukan para peneliti bisa membuahkan hasil.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini