Share

3 Cara Download Sertifikat Vaksin untuk Mudik Lebaran 2022

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 02 Mei 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 57 2588272 3-cara-download-sertifikat-vaksin-untuk-mudik-lebaran-2022-OR263FS9Hn.jpg 3 cara download sertifikat vaksin untuk mudik Lebaran 2022 (Foto: Dok. Sindonews)

JAKARTA - Cara download sertifikat vaksin sangat mudah dilakukan. Sejak pandemi Covid-19, peran sertifikat vaksin jadi hal yang wajib. Saat perjalanan mudik juga membutuhkan sertifikat vaksin untuk pengecekan di area bandara hingga stasiun.

Bahkan, untuk masuk ke area tempat wisata hingga pusat perbelanjaan juga diwajibkan untuk membawa atau membuktikan punya sertifikat vaksin.

Sertifikat vaksin Covid-19 sendiri, merupakan tanda bukti bahwa seseorang telah berhasil divaksinasi Covid-19. Sertifikat vaksin ini akan diberikan setelah Anda melakukan vaksinasi Covid-19.

Biasanya, sertifikat vaksin Covid-19 ini tersedia dan bisa Anda lihat di aplikasi dan website PeduliLindungi. Di dalam platform PeduliLindungi ini pengguna bisa mengakses sertifikat vaksin satu hingga tiga.

Sertifikat berbentuk digital ini, berisi data berupa nama, NIK, tanggal lahir, ID sertifikat, dan keterangan telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, kedua, dan atau ketiga.

Selain itu, disertakan juga QR untuk Anda mengakses beberapa layanan publik. Guna memudahkan Anda dalam mengakses layanan publik selama perjalanan mudik Lebaran, sebaiknya download kartu vaksin.

Bagi yang belum paham, Okezone akan membagikan cara donwload sertifikat vaksin seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Cara mendownload sertifikat vaksin yang pertama adalah dengan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini bisa Anda unggah di playstore atau App Store.

Setelah itu lanjutkan dengan mengisi data diri dan nomor telepon. Bila sudah aktif kamu bisa mendownload serrifikat tersebut dengan ketuk fitur undug. Tunggu hingga sertifikat vamsin di download dan bila sudah berhasil otomatis sertifikat kamu tersimpan di gallery hp.

2. Melalui Website PeduliLindungi

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan website PeduliLindungi. Caranya dengan membuka website https://www.pedulilindungi.id/.

Setelah itu, masukan email atau nomor telepon untuk registrasi. Nanti akan dikirimkan kode OTP 6 digit yang dikirim via SMS atau email. klik I’m not a robot dan selesaikan CAPTCHA.

Jika sudah masuk ke akun, klik sertifikat vaksin dan pilih menu unduh. Diamkan hingga sertifikat vaksin didownload. Sertifikat vaksin Covid-19 kini sudah berhasil disimpan di HP atau PC.

3. Lewat Chatbot WhatsApp Kemenkes RI

Cara download sertifikat vaksin yang terakhir bisa dengan chatbot WhatsApp Kemenkes RI. Caranya dengan buka aplikasi WhatsApp di hp. Lalu hubungi Kemenkes RI di nomor 081110500567.

Setelah itu, Anda akan diminta memasukin nomor HP yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi. Masukan kode OTP yang masuk ke hp Anda, lalu bila sudah terlihat tampilan kartu vaksin, Anda bisa klik menu download.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini