Share

Fitur Baru Google, Data Pribadi Bisa Dihapus, Simak Caranya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 04 Mei 2022 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 04 57 2589281 fitur-baru-google-data-pribadi-bisa-dihapus-simak-caranya-WYMGTrMkcO.jpg Fitur baru Google, data pribadi bisa dihapus, simak caranya (Foto: Unsplash/Daniel Romero)

JAKARTA - Google telah menghadirkan fitur terbarunya, memungkinkan pengguna untuk menghapus data pribadi dari hasil penelusuran mesin pencarian milik perusahaan.

Disadur dari TechCrunch, Rabu (4/5/2022), lewat kemampuan ini pengguna dapat meminta penghapusan informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat email atau alamat rumah serta informasi sensitif lainnya, termasuk foto dari hasil penelusuran gambar Google.

Google mengatakan, fitur ini dapat meminimalisir risiko pembobolan akun online serta membantu korban doxxing, di mana informasi tentang seseorang dipublikasikan secara online tanpa persetujuan mereka, seringkali dengan niat jahat.

Cara Hapus Data Pribadi di Google

Guna meminta penghapusan hasil penelusuran, pertama-tama perhatikan apa yang dibutuhkan Google untuk memproses permintaan penghapusan, lalu setujui. Selanjutnya buka formulir penghapusan hasil penelusuran Google dan pilih hapus informasi.

Pada titik ini, Google akan menanyakan hasil pencarian mana yang ingin dihapus. Pilih apakah informasi pribadi, seperti nomor ID dan dokumen pribadi, informasi kontak, dokumen medis pribadi, atau dokumen identitas lainnya.

Di sini harus mengisi formulir dengan informasi yang sesuai, termasuk nama lengkap, negara tempat tinggal, alamat email kontak terbaik, dan daftar alamat web yang menampilkan informasi pribadi. Copy paste link web agar lebih mudah.

Selanjutnya adalah dengan menjawab pertanyaan Google tentang apakah informasi pribadi yang ingin dihapus berkaitan dengan doxxing atau kegiatan kejahatan lainnya. Jika memang itu alasannya, maka pilih Ya.

Perlu diingat, dalam meminta penghapusan hasil penelusuran Google, pemohon diwajibkan memberikan semua alamat web yang berisi informasi pribadi pemohon. Ambil juga tangkapan layar hasil penelusuran untuk membantu Google mempermudah penghapusan.

Google memungkinkan pemgiriman 1.000 alamat web sekaligus. Setelah di rasa lengkap periksa kembali formulir dan silakan tanda tangan di bagian bawah formulir. Selanjutnya tunggu Google selesai mengevaluasi permohonan.

Perlu diketahui, Google tidak akan menghapus informasi yang berguna secara luas, misalnya dalam artikel berita, di mana informasi muncul sebagai bagian dari catatan publik. Google mengatakan tidak akan menghapus hasil pencarian tersebut.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini