Share

5 Tips Bikin Ponsel Seperti Baru Lagi, Hapus Berkas Lama Salah Satunya

Antara, Jurnalis · Rabu 04 Mei 2022 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 04 57 2589309 5-tips-bikin-ponsel-seperti-baru-lagi-hapus-berkas-lama-salah-satunya-eoKmM42YKT.jpg 5 tips bikin ponsel seperti baru lagi, hapus berkas lama salah satunya (Foto: wikiHow)

JAKARTA - Ponsel model baru biasanya bermunculan setiap bulan, tetapi tidak selamanya para konsumen punya kemampuan untuk mengganti gawai mereka secara rutin.

Dilansir dari CNET, Rabu (4/5/2022), sebenarnya ada sejumlah tips untuk para pengguna ponsel agar perangkat lamanya bisa terasa seperti baru lagi, alih-alih membeli keluaran terbaru.

Lantas, bagaimana caranya supaya ponsel lama menjadi seperti baru lagi? Selengkapnya di bawah ini:

1. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Luangkan waktu untuk mengecek laman utama (home screen) untuk mengecek aplikasi apa saja yang sudah tidak pernah digunakan. Menghapus aplikasi selain membantu mengurangi memori ponsel, juga bisa menjaga keamanan perangkat dan data pribadi. Pengguna mungkin mengizinkan aplikasi tersebut mengakses sejumlah informasi ketika pertama kali memasang.

2. Hapus Berkas Lama

Pindahkan berkas lama ke penyimpanan eksternal, kemudian hapus. Hapus juga berkas yang sudah tidak terpakai lagi. Berkas yang tidak terpakai bisa berupa gambar GIF yang dikirim lewat aplikasi pesan instan, menu makanan di restoran, sampai video yang diunduh dari media sosial.

Cek juga berkas unduhan untuk melihat apakah masih ada berkas yang sudah tidak diperlukan. Beberapa ponsel memiliki tempat khusus untuk berkas-berkas berukuran besar. Hapus berkas besar itu jika memang sudah tidak digunakan, untuk menghemat tempat penyimpanan.

3. Setel Ulang Layar Utama

Supaya terlihat baru dan segar, pengguna bisa mengubah tampilan layar utama (home screen) menggunakan pengaturan yang sudah tersedia dari ponsel.

Misalnya, ubah tata letak, unduh tema baru dan ganti gambar pada latar belakang. Pengguna bisa bereksperimen dengan tampilan layar melalui menu yang ada di setelan (pengaturan).

4. Optimalisasi Perangkat

Selain mengubah gambar layar, pengguna juga bisa mengoptimalisasi setelan ponsel yang berguna terhadap kinerja ponsel. Misalnya, menyalakan mode penghemat baterai supaya ponsel bisa digunakan lebih lama. Menyalakan mode gelap (dark mode) juga bisa membantu menghemat daya baterai.

5. Setelan Privasi

Setelah mengubah tampilan ponsel, sediakan waktu untuk mempelajari pengaturan keamanan dan privasi agar keamanan ponsel terjaga. Cek izin apa saja yang diberikan kepada setiap aplikasi, ubah jika dirasa tidak perlu.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini