Share

5 Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 57 2589725 5-tips-agar-baterai-laptop-tahan-lama-ShMxKM2XoB.jpg 5 tips agar baterai laptop tahan lama (Foto: Laptop Mag)

JAKARTA - Laptop sekarang ini telah menjadi salah satu perangkat yang paling dibutuhkan, terutama jika seseorang harus bekerja dari rumah, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Sejatinya terdapat beberapa tips supaya baterai laptop tidak boros, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa harus repot-repot mengisi daya terlebih dulu.

Lantas bagaimana caranya agar baterai laptop jadi tahan lama? Dirangkum dari berbagai sumber, simak uraian berikut ini:

1. Kurangi Kegiatan Multitasking

Tutup semua aplikasi atau program yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang. Mengurangi kegiatan multitasking untuk laptop Anda akan membantu menghemat daya baterai.

2. Turunkan Kecerahan Layar

Anda harus menurunkan kecerahan layar laptop. Pasalnya membiarkan layar Anda terlalu terang akan menguras baterai lebih cepat.

3. Matikan Speaker

Jika sedang melakukan banyak pekerjaan, cobalah untuk tidak menyalakan musik. Pasalnya speaker laptop benar-benar menguras daya laptop sangat besar.

4. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Ketika tidak digunakan matikan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. Pasalnya mereka dapat menghabiskan baterai Anda bahkan jika Anda tidak terhubung ke apa pun. Wi-Fi dan Bluetooth akan terus-terus mencari perangkat yang akan disambungkan.

5. Hidupkan Mode Hemat

Cobalah untuk menyalakan mode hemat daya laptop Anda. Pada mesin Windows, klik ikon baterai di bilah tugas Windows, lalu alihkan pengaturan baterai Anda dari "Seimbang" ke "Penghemat Daya". Pada MacBook, Anda dapat mengakses pengaturan Energy Saver dengan mengklik ikon baterai di toolbar bagian atas atau melalui System Preferences -> Penghemat Energi.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini