Share

4 Penyebab iPhone Panas dan Cara Mengatasinya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 07 Mei 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 06 57 2590182 4-penyebab-iphone-panas-dan-cara-mengatasinya-OnHSKaO7Zr.jpg 4 penyebab iPhone panas dan cara mengatasinya (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - iPhone yang keadaannya menjadi panas merupakan salah satu bentuk gejala adanya gangguan yang terjadi pada perangkat. Terkadang, membuat penggunanya panik.

Ponsel garapan Apple yang menjadi panas ini, disebabkan berbagai macam faktor. Mulai dari penggunaan iPhone secara berlebihan hingga kerusakan terhadap baterai iPhone.

Jika terus dibiarkan begitu saja, masalah tersebut akan merambah menjadi bentuk baru permasalahan lain pada iPhone. Oleh karenanya, Anda harus bijak untuk segera mencari solusinya jika menemukan gangguan seperti itu.

Lantas, apa penyebab iPhone panas? Bagaimana cara mengatasinya? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penejalsan di bawah ini.

Penyebab iPhone Panas

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Penyebab pertama yang membuat iPhone panas adalah karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Hal itu, bikin kerja prosesor menjadi semakin berat dan mengeluarkan suhu panas berlebih dan membuat ponsel panas.

2. Berada di Tempat dengan Suhu yang Panas

Penyebab kedua yang membuat iPhone panas adalah karena tempat dengan suhu yang panas. Kebiasaan meletakan atau menyimpan ponsel di tempat yang memiliki suhu tinggi tentu tidak baik untuk keberlangsungan perangkat.

3. Menggunakan iPhone ketika Mengisi Daya

Penyebab berikutnya yang membuat iPhone panas adalah penggunaan ponsel bersamaan dengan pengisian daya. Hal itu biasanya banyak dilakukan oleh orang-orang yang hobi bermain game di ponsel.

4. Kerusakan pada Baterai

Selanjutnya, yang membuat iPhone panas adalah kerusakan yang terjadi pada baterai iPhone. Hal itu biasanya ditandai dengan baterai yang sangat cepat habis dan mengeluarkan panas berlebih.

Cara Mengatasi iPhone Panas

1. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi iPhone panas adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Kebiasaan orang-orang pada umumnya adalah ketika selesai menggunakan aplikasi, mereka tidak benar-benar menutupnya, mereka hanya keluar aplikasi tanpa menutup aplikasi tersebut sepenuhnya. Hal ini akan membuat aplikasi-aplikasi tersebut menumpuk dan menyebabkan iPhone panas.

2. Kurangi Kecerahan Layar iPhone

Cara berikutnya untuk mengatasi iPhone panas adalah dengan mengurangi kecerahan layar iPhone. Walaupun terlihat sepele atau remeh, hal itu cukup berpengaruh pada suhu panas berlebih di iphone anda. Maka dari itu, anda harus mengurangi kecerahan layar untuk mengurangi panas iPhone.

3. Periksa Penggunaan Baterai

Cara selanjutnya untuk mengatasi iPhone panas adalah dengan memeriksa penggunaan baterai. Anda bisa melakukannya dengan membuka menu ‘Settings’, kemudian pilih ‘Battery’ dan periksa penggunaan baterai iPhone anda secara menyeluruh. Setelah itu, anda akan melihat beberapa aplikasi yang paling sering menghabiskan baterai iPhone. Menonaktifkan beberapa aplikasi tersebut jadi salah satu solusi agar iPhone tidak cepat panas.

4. Matikan GPS dan Koneksi Jaringan

Cara berikutnya untuk mengatasi iphone panas adalah dengan mematikan GPS dan koneksi jaringan iPhone. GPS dan koneksi jaringan merupakan salah satu sumber terbesar yang sering menyedot baterai dengan cepat dan membuat iPhone panas. Anda harus mematikannya jika tidak digunakan, atau kalau memungkinkan anda bisa menggunakan mode pesawat ketika tidak sedang menggunakan koneksi jaringan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini