Share

Mengapa Orang Kerap Bilang Halo saat Menelepon? Begini Sejarahnya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Minggu 08 Mei 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 07 54 2590516 mengapa-orang-kerap-bilang-halo-saat-menelepon-begini-sejarahnya-tP3ZyAvmJx.jpg Mengapa orang kerap bilang halo saat menelepon? Begini sejarahnya (Foto: Freepik)

JAKARTA - Mengapa orang-orang kerap mengucapkan kata "halo" saat melakukan panggilan telepon? Ternyata, jawabannya berhubungan dengan Thomas Edison.

Dilansir dari NPR, Minggu (8/5/2022), kata "halo" pertama kali digunakan oleh tokoh penemu lampu, yakni Thomas Edison, bukan oleh si penemu telepon itu sendiri.

Sang penemu telepon, Alexander Graham Bell, justru menggunakan kata "ahoy" yang sudah digunakan sejak lama.

Perlu diketahui, kata "halo" baru digunakan untuk menyapa pada tahun 1827.

Sementara "ahoy," sudah ada lebih lama, setidaknya 100 tahun lebih lama daripada "halo". Dan kunci kenapa "halo" bisa eksis hingga sekarang adalah karena buku telepon.

Dijelaskan bahwa buku telepon pertama di dunia menyertakan laman cara penggunaan telepon serta cara sapaannya.

Di buku tersebut, tertulis bahwa "halo" lah kata sapaan yang direkomendasikan dan telah disetujui.

Bahkan, di buku yang diterbitkan oleh Perusahaan Telepon Distrik New Haven, Connecticut, pada tahun 1878 (dengan 50 pelanggan terdaftar) itu memberi tahu pengguna untuk memulai percakapan mereka dengan "halo" yang tegas dan ceria.

Dari situlah kata "halo" yang dicetuskan oleh Thomas Edison semakin populer. Penggunaannya pun masih terus hingga sekarang, mengalahkan kepopuleran kata sapaan "ahoy" yang dicetuskan oleh sang pembuat telepon itu sendiri.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini