Share

Tiket Wisata Luar Angkasa dengan Balon Udara Dijual Terbatas, Berapa Harganya?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 56 2590935 tiket-wisata-luar-angkasa-dengan-balon-udara-dijual-terbatas-berapa-harganya-lSSWFsIAkG.jpg Tiket wisata luar angkasa dengan balon udara dijual terbatas, berapa harganya? (Foto: World View)

JAKARTA - World View menawarkan paket pariwisata ke luar angkasa dengan harga yang relatif murah. Mimpi untuk menjelajahi antariksa kini bisa dirasakan oleh masyarakat sipil.

Perusahaan yang berbasis di Tucson, Arizona, Amerika Seritkat ini menjual tiket perjalanan ke luar angkasa secara terbatas, hanya 1.000. Harganya sendiri, sekitar Rp725 dolar AS.

Dilansir dari Space, Senin (9/5/2022), harga ini lebih murah dibanding yang ditawarkan kompetitornya, yaitu Virgin Galactic yang mematok setara dengan Rp2,1 miliar.

Paket pariwisata luar angkasa dari World View akan dilakukan menggunakan balon udara helium. Nantinya, penumpang akan diajak terbang dengan ketinggian 37 kilometer.

Memang, paket pariwisata ini tidak benar-benar menembus angkasa hingga memberikan pengalaman mengambang di udara layaknya seorang astronot. Tetapi dengan ketinggian tersebut penumpang bisa melihat lengkungan Bumi.

Perlu diketahui, ketinggian 37 kilometer sendiri sudah tiga kali lipat lebih tinggi dibanding ketinggian yang dicapai pesawat jet. Dari sini, seseorang bisa merasakan gelapnya langit bertabur bintang, pengalaman yang jelas luar biasa dan sangat langka.

Paket pariwisata ke luar angkasa World View akan mulai dilaksanakan secara bertahap mulai 2024 mendatang. Ada beberapa lokasi keberangkatan, mulai dari Grand Canyon, Great Barrier Reef di Australia, hingga piramida Mesir.

Perusahaan mengtakan, saat ini tiket penerbangan dari pelabuhan antariksa Grand Canyon telah terjual habis untuk tahun pertama keberangkatan.

"Capaian 1.000 pemesanan menggarisbawahi semangat, kegembiraan, dan minat untuk pengalaman unik yang ditawarkan World View ini," kata CEO dan Presiden World View, Ryan Hartman.

"Fakta bahwa penerbangan luar angkasa Grand Canyon telah terjual habis untuk tahun pertama juga menunjukkan permintaan pasar dan minat yang meningkat pada pariwisata luar angkasa," ujar Hartman.

Mencapai 1.000 pelanggan berarti World View sekarang memiliki daftar tunggu pelanggan terlama dari semua perusahaan pariwisata luar angkasa. Virgin Galactic saja baru memiliki lebih dari 700 orang dalam daftar tunggunya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini