Share

SpaceX Yakin Manusia Bisa Mendarat di Mars Sebentar Lagi

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 56 2590994 spacex-yakin-manusia-bisa-mendarat-di-mars-sebentar-lagi-GxFzT4rfwG.jpg SpaceX yakin manusia bisa mendarat di Mars sebentar lagi (Foto: iStock)

JAKARTA - SpaceX mengungkapkan keyakinannya jika manusia bisa mendarat di Mars sebentar lagi, diklaim pendaratan ke Planet Merah ini bakal terjadi sebelum 2030.

Disadur dari Space, Senin (9/5/2022), keyakinan tersebut disampaikan oleh Presiden dan Chief Operating Officer SpaceX, Gwynne Shotwell dalam sebuah peryataan.

"Saya pikir itu akan terjadi dalam dekade ini. Kita perlu mengirim manusia dalam jumlah besar ke Mars, dan kemudian orang-orang akan mulai berpikir lebih keras tentang itu," kata Shotwell.

"Dan kemudian, pikirkan dalam lima atau enam tahun, orang akan melihat bahwa itu akan menjadi tempat yang nyata untuk dituju," tambahnya.

Diketahui, SpaceX memang telah lama berambisi untuk mendaratkan manusia ke Mars. Saat ini, perusahaan besutan Elon Musk ini sedang mengembangkan pesawat ruang angkasa berukuran besar yang diberi nama Starship.

Roket ini, dirancang untuk membawa orang dan muatan ke Bulan, Mars, dan planet lainnya kelak. Starship bahkan sudah memiliki beberapa misi ke Bulan yang akan langsung dilaksanakan jika pengembangannya telah selesai.

Lalu, NASA pun telah memilih Starship untuk menjalankan misi pendaratan berawak pertrama ke Bulan untuk misi Artemis, rencananya menempatkan astronot turun di dekat kutub selatan satelit Bumi pada 2025.

Kini, SpaceX sedang bekerja menuju tonggak besar dalam pengembangan Starship. Penerbangan uji orbital pertama, bakal dilaksanakan dari fasilitas Texas Selatan yang disebut Starbase dalam waktu dekat.

Jika uji coba orbital pertama ini berhasil, dinilai bahwa prediksi Shotwell tadi kemungkinan tepat dan akan semakin mendekati kenyataan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini