Share

2 Cara Aman Bersihkan Layar Smartphone Agar Tetap Mengkilap

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 57 2591899 2-cara-aman-bersihkan-layar-smartphone-agar-tetap-mengkilap-rnnRhtJRth.jpg 2 cara aman bersihkan layar smartphone agar tetap mengkilap (Foto: CNET)

JAKARTA - Cara membersihkan layar smartphone perlu diketahui para penggunanya. Mengingat, ia selalu dipegang oleh tangan dan kemungkinan ada bakteri yang menempel di sana.

Layar smarpthone adalah permukaan dengan sentuhan tinggi. Pengguna menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari dan sering lalai untuk membersihkannya.

Bakteri dan kuman dapat muncul di layar saat Anda menggunakan perangkat. Jadi, Anda harus membersihkannya secara rutin agar kuman tidak menyebar.

Jika Anda sudah lama tidak membersihkan layar smartphone yang dimiliki, ikuti teknik-teknik berikut ini sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Selasa (10/5/2022).

1. Gunakan Microfiber

Cara membersihkan layar hp yang termudah dan termurah adalah menggunakan kain mikrofiber. Tidak seperti handuk berbasis kertas, kain mikrofiber membersihkan kaca sensitif pada smartphone atau tablet dengan lembut dan tanpa risiko tergores.

Microfiber juga menarik dan menghilangkan minyak serta debu yang tidak diingikan. Sedangkan produk lain dapat dengan mudah menyebarkan debu atau minyak.

Untuk membersihkan layar hp Anda, matikan display. Karena ini memungkinkan Anda untuk melihat kotoran lebih baik. Ini juga wajib jika menggunakan air (lihat di bawah).

Gerakkan kain ke arah horizontal atau vertikal berulang kali. Setelah Anda menyelesaikan satu area layar, lanjutkan ke area kotor berikutnya, dan lanjutkan menyeka hingga permukaan benar-benar bersih.

Untuk pekerjaan yang lebih kotor, atau yang membutuhkan lebih dari kain mikrofiber dan sedikit minyak siku, pertimbangkan untuk menggunakan sedikit air.

Pertama, matikan smartphone Anda dan keluarkan baterainya (jika memungkinkan). Selanjutnya, basahi salah satu sudut kain dengan air - jangan gunakan sabun apa pun saat melakukan ini - dan bersihkan permukaan layar dengan cara yang mirip dengan metode yang diuraikan di atas. Setelah selesai, gunakan bagian kain yang kering untuk menghilangkan sebagian air.

Disarankan agar kain mikrofiber tetap bersih sehingga Anda tidak menggosok debu dan kotoran yang terangkat kembali pada layar.

Untuk membersihkan kain, cukup rendam dalam campuran air hangat dan sabun, bilas hingga bersih, lalu keringkan sepenuhnya dengan udara sebelum digunakan kembali.

2. Pakai Selotip

Cara membersihkan layar hp menggunakan selotip cukup mudah. Saat kain mikrofiber tidak lagi diperlukan dan Anda perlu membersihkan layar dengan cepat, selotip Scotch atau jenis perekat lainnya dapat digunakan.

Cukup tempelkan selotip ke permukaan layar dan lepaskan untuk menghilangkan kotoran yang tidak diingikan. Ulangi sesering yang diperlukan untuk membersihkan seluruh layar. Untuk trik ini, selotip lebar adalah yang terbaik. Ini trik sederhana, tetapi berhasil dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini