Share

3 Alasan Anda Tak Bisa Download atau Update WhatsApp Beserta Solusinya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 54 2592380 3-alasan-anda-tak-bisa-download-atau-update-whatsapp-beserta-solusinya-zJMm32pewy.jpg 3 alasan Anda tak bisa download atau update WhatsApp beserta solusinya (Foto: Crast.net)

JAKARTA - Pengguna WhatsApp mungkin pernah mengalami kendala seperti tidak bisa mengunduh (download) atau memperbarui (update) aplikasi, ternyata ada tiga alasan yang menyebabkan hal tersebut.

Dilansir dari keterangan resmi WhatsApp, Rabu (11/5/2022), jika Anda tidak dapat mengunduh atau memperbarui WhatsApp dari Google Play Store, hal itu mungkin disebabkan salah satu kode kesalahan berikut:

1. Tidak ada cukup ruang pada perangkat

2. Aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat Android Anda

3. Item ini tidak tersedia di negara Anda

Pelajari selengkapnya mengenai solusi atas setiap kode kesalahan di bawah ini.

Tidak Ada Cukup Ruang pada Perangkat

Jika Anda tidak dapat memasang WhatsApp karena tidak tersedia cukup ruang pada perangkat, coba hapus cache dan data Google Play Store:

- Buka Setelan perangkat, lalu ketuk Aplikasi & notifikasi > Google Play Store > Info aplikasi > Penyimpanan > HAPUS CACHE.

- Ketuk HAPUS DATA > OKE.

- Mulai ulang perangkat, lalu coba unduh WhatsApp lagi.

Jika Anda masih tidak dapat memasang WhatsApp, silakan coba langkah berikut ini:

- Hapus data dan aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan lagi.

- Pindahkan data dan aplikasi ke kartu SD eksternal.

- Hapus data cache dengan membuka Setelan perangkat > Aplikasi & notifikasi > WhatsApp > Penyimpanan & cache > Hapus cache > Hapus penyimpanan.

Disarankan untuk menyediakan ruang kosong minimum 1 GB ketika memasang atau memperbarui aplikasi.

Aplikasi Tidak Kompatibel dengan Perangkat Android

WhatsApp memberikan dukungan perangkat Android yang memenuhi persyaratan seperti menjalankan OS 4.1 dan yang lebih baru. Dan, ponsel yang dapat menerima SMS atau panggulan selama proses verifikasi.

Item Tidak Tersedia di Negara Anda

Jika Anda melihat pesan kesalahan bahwa aplikasi tidak tersedia di negara Anda atau jika tips penyelesaian masalah dari Bantuan Google Play tidak membantu memecahkan masalah Anda, silakan kunjungi halaman ini (https://www.whatsapp.com/android) untuk mengunduh WhatsApp sebagai file APK dan memperbarui aplikasi. Ketika membuka file APK, Anda perlu mengetuk Setelan > Izinkan dari sumber ini.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini