Share

Langkah Mudah Bersihkan Motherboard Laptop Sendiri dengat Alat Sederhana

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 57 2592607 langkah-mudah-bersihkan-motherboard-laptop-sendiri-dengat-alat-sederhana-2fdeODQskr.jpg Langkah mudah bersihkan motherboard laptop sendiri dengan alat sederhana (Foto: How-To Geek)

JAKARTA - Membersihkan motherboard laptop ternyata bisa dilakukan sendiri bahkan dengan alat sederhana. Sebelum membawanya ke tempat service, lebih baik mencoba cara mudah ini.

Dikutip dari Itstillworks, Kamis (12/5/2022), motherboard laptop sejatinya merupakan otak komputer. Seiring waktu, debu pada akhirnya akan meresap ke laptop dan menempel pada motherboard laptop sehingga mengurangi performanya.

Tak hanya itu, tumpukan debu juga dapat merusak motherboard . Partikel-partikel ini dapat memiliki efek korosif pada sirkuit motherboard, yang dapat memperlambat atau bahkan membekukan kinerja komputer.

Untungnya, Anda dapat membersihkan motherboard laptop dengan menyemprotkan udara bertekanan. Namun, tidak sembarang Anda membersihkan motherboard laptop karena bisa saja merusak komponen bagian dalam lainnya.

Untuk membersihkan motherboard laptop, alat yang diperlukan hanya obeng kecil dan air duster kemasan kaleng. Air duster ini merupakan angin bertekanan tinggi sekitar 70 psi yang biasa digunakan untuk mebersihkan komponen yang tidak bisa kena air.

Jika kedua alat itu sudah disiapkan, Anda tinggal membuka baut yang ada di bawa laptop dengan obeng. Namun sebelum itu, pastikan laptop dalam kondisi mati.

Jika seluruh baut sudah dilepas, sekarang lepaskan baterai dan selanjutnya buka panel bawah laptop.

Dengan kondisi panel sudah dilepas, Anda tinggal mencari posisi motherboard laptop Anda. Motherboard adalah panel besar dengan banyak kabel kecil dan komponen di atasnya.

Kemudian pasang selang ke mulut air duster. Selanjutnya semprotkan air duster pada motherboard secara hati-hati.

Pastikan partikel debu motherboard keluar dari laptop. Hindari meniup debu lebih jauh ke dalam laptop karena bisa memengaruhi komponen lainnya.

Jika sudah bersih, pasang kembali panel bawah laptop juga baterainya. Nyalakan laptop, uji dan pastikan bahwa laptop itu berfungsi dengan baik.

Sebaiknya, hati-hati dalam membersihkan motherboard laptop karena ada kemungkinan listrik statis yang tertinggal. Karena listrik statis ini dapat merusak komponen laptop Anda.

Untuk mengurangi ancaman pelepasan muatan listrik statis, disarankan untuk tidak mengenakan aksesoris yang bisa mengantarkan muatan listrik statis seperti ikat pinggang berkepala logam.

Selain itu, pastikan seluruh stop kontak di sekitar Anda dalam posisi dicabut. Usahakan saat membersihkan motherboard dilakukan dengan cara berdiri dan memakai alas kaki karet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini