Share

Mengenal Wombat, Hewan Asli Australia Berjuluk Buldoser

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 56 2593162 mengenal-wombat-hewan-asli-australia-berjuluk-buldoser-1DOFvZkR1F.jpg Mengenal wombat, hewan asli Australia berjuluk buldoser (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Wombat atau Vombatus ursinus tasmaniensis, dikenal sebagai hewan asli Australia yang mempunyai kotoran berbentuk kubus.

Diolah dari IFL Science, Jumat (13/5/2022), hal itu ternyata memainkan peran penting dalam komunikasi antar-wombat, karena kotoran yang ditumpuk seperti batu bata dapat memberikan pesan.

Postur tubuh wombat berbentuk seperti kentang, gempal, bulat, dan dekat dengan tanah.

Meski bukan hewan paling sosial, wombat selalu berbagi liang, tetapi tetap di wilayah mereka sendiri dalam sistem terowongan bawah tanah.

Di sana, pasangan Wombant yang kawin akan membesarkan joey (sebutan bayi wombat) yang membangkitkan naluri orangtua mereka.

"Wombat umumnya merupakan spesies soliter dan cukup agresif. Mereka memiliki pelat fasia besar di area pantat mereka. Ini memungkinkan mereka memblokir area masuk ke liang jika merasa terancam. Area itu memiliki sedikit ujung saraf, jadi meskipun predator menggigitnya, wombat tidak akan terluka," kata Monique Spaulding dari Suaka Margasatwa Bonorong di Tasmania.

Spaulding menjelaskan, bulu yang menutupi lempeng fasia pendek agar wombat tidak dapat ditarik dari liangnya.

Ketika predator mendekat, wombat akan berbaring di pintu masuk liang yang memungkinkan pemangsa menyelipkan kepalanya ke celah antara pelat dan atap liang.

"Atap liang biasanya terbuat dari tanah yang sangat padat, seperti akar pohon, batang kayu, atau batu. Begitu kepala predator berada di celah, wombat akan membanting pantatnya berulang kali dengan kekuatan yang cukup berpotensi menghancurkan tengkorak kepala predator itu," papar Spaulding.

Oleh karena itu, wombat juga disebut "buldoser" karena gaya hidupnya benar-benar mencerminkan hal ini.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini