Share

Ilmuwan Paparkan Kapan Akal Manusia Jadi Sempurna, Jawabannya Sesuai Alquran

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 14 Mei 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 56 2593885 ilmuwan-paparkan-kapan-akal-manusia-jadi-sempurna-jawabannya-sesuai-alquran-mHQb0K2qLQ.jpg Ilmuwan paparkan kapan akal manusia jadi sempurna, jawabannya sesuai Alquran (Foto: Freepik/Kjpargeter)

JAKARTA - Akal manusia sejak lahir terus mengalami perkembangan. Tetapi, menurut Alquran dan sains ada titik di mana keduanya mencapai titik sempurna.

Dirangkum dari buku Sains dalam Alquran, Dr. Nadiah Thayyarah, tengkorak kepala manusia diketahui terdiri dari tulang-tulang yang saling terhubung satu sama lain.

Tulang-tulang tersebut, saling berkaitan erat. Terdapat pula tulang rawan lembut yang kian menguatkan tulang di kepala manusia. Tulang rawan lembut itu, secara bertahap akan makin kuat seiring waktu.

Ketika manusia mencapai usia 40 tahun, tulang rawan itu menjadi makin sempurna tingkat kekerasannya.

Tulang akan tumbuh serta menyempurnakan struktur tengkorak kepala, sehingga memengaruhi inti akal yang terletak di otak.

Disebutkan bahwa jauh sebelum ilmu pengetahuan modern menemukan fakta ini, sempurnanya kepala dan akal manusia ternyata telah dijelaskan di dalam kitab suci Alquran.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam kitab suci Alquran:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama 30 bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai 40 tahun, dia berdoa, 'Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim." (QS Al-Ahqaf: 15).

Dijelaskan, ayat tersebut menyatakan pentingnya usia 40 tahun dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, kenabian datang kepada para nabi saat mereka berusia 40 tahun.

Ayat ini, dinilai juga mengungkap kedewasaan dan kematangan seseorang saat sudah mencapai kematangan akal, yaitu ketika kepala sudah mencapai bentuk tertentu dan tidak lagi membesar atau mengecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini