Share

Elon Musk Ungkap Rusia Tak Berhenti Ganggu Internet Starlink di Ukraina

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 14 Mei 2022 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 54 2594104 elon-musk-ungkap-rusia-tak-berhenti-ganggu-internet-starlink-di-ukraina-85OdQSaVKw.jpg Elon Musk ungkap Rusia tak berhenti ganggu internet Starlink di Ukraina (Foto: SCMP)

JAKARTA - Elon Musk mengungkapkan bahwa Rusia tidak berhenti mengganggu jaringan internet Starlink di Ukraina, serangan siber yang dilancarkan pun disebut mengalami peningkatan.

Melalui kicauan di Twitter, pria yang juga merupakan pemilik dari Starlink itu mengatakan, pihaknya tengah dihadapkan dengan situasi yang sulit.

"Starlink sejauh ini telah menolak upaya jamming & peretasan yang dilakukan oleh pasukan siber Rusia. Tetapi mereka terus meningkatkan serangan mereka," cuit Elon Musk.

Namun, sejauh ini tidak diketahui apakah serangan berhasil membuat komunikasi dan internet Starlink di Ukraina terputus atau tidak.

Dia menegaskan, yang jelas Rusia terus berupaya melancarkan serangannya ke Starlink di Ukraina.

Sebagai informasi, sistem komunikasi dan internet Starlink di Ukraina memang dihibahkan Elon Musk untuk negara tersebut yang mengalami putus internet karena invasi Rusia.

Pada 28 Februari 2022 lalu, Elon Musk sukses menyusupkan terminal Starlink ke Ukraina tanpa sepengetahuan Rusia. Tidak lama setelahnya, sistem komunikasi dan internet Ukraina pun pulih.

Saat itu, SpaceX dengan bantuan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), telah mengirim setidaknya 5.000 terminal Starlink ke Ukraina.

Dengan hadirnya Starlink di Ukraina, Elon Musk telah memenuhi janjinya kepada Wakil Perdana Menteri Ukraina, Mykhailo Fedorov yang sebelumnya meminta bantuan kepadanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini