Share

Kominfo Ingatkan Peran Penting Orangtua Dalam Mengawasi Anaknya Main Internet

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 54 2595580 kominfo-ingatkan-peran-penting-orangtua-dalam-mengawasi-anaknya-main-internet-YagoSzZ10Y.jpg Main game online dengan internet (Foto: Shutterstock)

VIRAL sebuah video yang memperlihatkan, kebrutalan seseorang yang menembakan senjata api ke sejumlah orang. Insiden penembakan massal tersebut terjadi di Buffalo, New York, Amerika Serikat (AS).

Mirisnya aksi penembakan ini disiarkan langsung via media sosial. Aksi penembakan dengan motif rasisme itu menewaskan 10 orang dari 13 korban.

Dalam video terlihat pelaku mengemudikan mobil dan parkir di Buffalo Tops Supermarket. Laki-laki 18 tahun itu turun dari mobil dan menembak siapa saja yang terlihat.

Hal tersebut mengundang banyak kekhawatiran, di mana khususnya bagi anak-anak yang sering bermain game tembak-tembakan seperti Mobile Legend, PUBG, dan sejenisnya.

 main game

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan, orangtua dan keluarga memiliki peran penting untuk melindungi anak dari penyalahgunaan internet. Terdapat kejadian-kejadian miris yang terjadi kepada anak, mulai dari tindakan asusila hingga berlaku kasar akibat pengaruh dari internet.

"Setelah ada sistem yang dimonitor dari jarak jauh, tapi pertahanan yang paling besar, paling kuat dan paling penting adalah dari keluarga, bagaimana kita memasuki digital society ini untuk menggunakan ruang digital kita secara cerdas dan bermanfaat," ujarnya dikutip dari laman resmi Kominfo.

Lebih lanjut, kata Johnny, pengawasan yang dilakukan Kementerian Kominfo tidak saja konten pornografi. Tetapi juga konten-konten terkait dengan radikalisme, terorisme, perdagangan narkotika maupun perjudian juga dilakukan pengawasan secara berkala dari semua tindakan pelanggaran tersebut.

Ia menambahkan, dari sisi sistem sudah ada Kementerian Kominfo bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menjaga security sistem. Tetapi untuk pengguna internet, ada sisi kedewasaan dan kecerdasan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, kata dia, baiknya anak-anak dan mahasiswa menggunakan internet secara cerdas. Khususnya peran orangtua, yang sangat penting mengawasi perilaku buah hatinya, jangan sampai terpengaruh oleh apa-apa yang dilihatnya di dunia maya.

 BACA JUGA:Warga Daerah Ini Sulit Akses Internet, untuk Telepon Harus Naik Pohon Tinggi

"Yang namanya bandwith itu bukan tidak terbatas, dia sangat terbatas karenanya digunakan dengan efisien," pungkasnya.

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini