Share

Ilmuwan Ungkap Keistimewaan Paus Biru dan Termuat di Alquran

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 56 2598436 ilmuwan-ungkap-keistimewaan-paus-biru-dan-termuat-di-alquran-VW7S1NJjRP.jpg Ilmuwan ungkap keistimewaan paus biru dan termuat di Alquran (Foto: Novinite)

JAKARTA - Ilmuwan telah mengungkapkan keistimewaan Paus Biru, dan ternyata juga termuat di Alquran. Mamalia laut ini punya kemampuan untuk bertahan hidup meski di suhu ekstrem.

Keberadaan Paus Biru sendiri, dalam sudut pandang Islam merupakan kebesaran Allah SWT, bagi sains ia adalah makhluk yang mengagumkan.

Dirangkum dari Buku Pintar Sains dalam Alquran, Dr. Nadiah Thayyarah, paus mampu menjelajahi lautan luas, sebagai hewan yang termasuk jenis mamalia, keberadaannya cukup disukai manusia.

Salah satu jenisnya, yakni paus biru, beratnya bisa mencapai 130 ton, dan panjangnya mencapai 35 meter. Namun, ukuran janinnya sangatlah kecil, yaitu tidak lebih dari 1 sentimeter.

Kendati demikian, setelah dilahirkan, paus itu bisa mencapai 7 meter dan memiliki bobot hingga 2 ton. Paus dapat bertahan di dalam laut lebih dari 30 menit.

Sementara manusia, tidak akan dapat bertahan di dalam air tanpa bernapas lebih dari 3 menit. Kemampuan paus yang demikian, disebabkan struktur tubuhnya yang mampu menyimpan oksigen ke dalam otot-ototnya, darahnya, dan jaringanj-aringan tubuhnya.

Sedangkan, paru-parunya hanya menyimpan 10 persen oksigen. Paus menjelajahi lingkaran dunia dari utara ke selatan, ke Kutub Utara dan Selatan, dan kembali lagi ke Khatulistiwa.

Padahal, terdapat perbedaan suhu yang sangat ekstrem antara daerah Kutub dan Khatulistiwa. Namun, ajaibnya paus memiliki lapisan lemak yang bisa melindunginya dari suhu dingin.

Ketebalan lapisan itu mencapai 1 meter, jika paus pergi ke daerah Khatulistiwa yang hangat, lapisan lemak tersebut akan menipis hingga ketebalannya tinggal separuhnya saja.

Keistimewaan paus ini, jadi salah satu bukti tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Sebagaimana tertulis di dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

وَسَخَّرَ لَكُم مَّا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا مِّنْهُ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir." (QS Al Jatsiyah: 13).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini