Share

Main Gadget Sebelum Tidur Tak Bikin Cepat Mengantuk, Justru Berefek Negatif

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 56 2598532 main-gadget-sebelum-tidur-tak-bikin-cepat-mengantuk-justru-berefek-negatif-txZfVVxILk.jpg Main gadget sebelum tidur tak bikin cepat mengantuk, justru berefek negatif (Foto: Understood)

JAKARTA - Ada anggapan bahwa main gadget sebelum tidur akan membuat seseorang lebih cepat mengantuk, dan lekas tertidur. Benarkah?

Dilansir dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Senin (23/5/2022), padahal anggapan tersebut justru keliru.

Faktanya, main gadget sebelum tidur justru cuma membuat seseorang yang melakukannya menjadi sulit untuk tidur.

Sebab, pancaran blue light yang dipaparkan layar gadget dapat menurunkan produksi hormon melatonin, yakni hormon yang membuat manusiamerasa lebih rileks hingga mengantuk.

Hormon ini, diproduksi oleh tubuh secara alami menjelang malam, dan bakal bermasalah distribusinya akibat paparan blue light.

Akibatnya, baik orang dewasa maupun kalangan anak-anak akan mengalami gangguan tidur.

Kalau sudah begini, bukannya meningkatkan kualitas tidur, justru malah akan mengganggu jadwal tidur. Aktivitas harian pun tak bisa dipungkiri juga akan terganggu.

Ada banyak dampak negatif yang biasa muncul ketika seseorang bermain gadget sebelum tidur. Adapun dampaknya adalah sebagai berikut:

- Menurunnya produktivitas

- Gangguan kesehatan mental seperti depresi hingga kecemasan

- Rentan mengalami gangguan kesehatan fisik

Maka dari itu, hindari menghabiskan waktu di depan layar minimal 2 jam sebelum tidur. Dengan tidur yang berkualitas akan membantu lebih produktif esok hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini