Share

Posisi Matahari di Atas Kakbah Sebentar Lagi, Waktunya Cek Arah Kiblat

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 56 2598622 posisi-matahari-di-atas-kakbah-sebentar-lagi-waktunya-cek-arah-kiblat-sUDATK68kl.jpg Posisi Matahari di atas Kakbah sebentar lagi, waktunya cek arah kiblat (Foto: About Islam)

JAKARTA - Posisi Matahari dilaporkan akan berada tepat di atas Kakbah, berlangsung pada 28 Mei 2022 mendatang. Momen ini, merupakan waktu untuk mengecek kembali arah kiblat.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, menyampaikan bahwa Kakbah merupakan bangunan suci yang terletak di dalam Masjid Al-Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Kakbah menjadi kiblat bagi seluruh umat muslim di dunia, sehinnga di mana pun seorang muslim berada, bakal menghadap ke satu tempat yang sama meski arahnya berbeda-beda.

"Pada tanggal-tanggal tertentu, Matahari akan berada di atas Kakbah saat tengah hari sebanyak dua kali dalam setahun," kata Andi dalam keterangannya, dikutip Senin (23/5/2022).

Andi menyatakan, secara astronomis fenomena ini terjadi ketika deklinasi Matahari bernilai sama atau kecil selisihnya dengan lintang geografis Kakbah.

Hal ini, terjadi karena sumbu rotasi Bumi memiliki kemiringan terhadap bidang edar Bumi atai ekliptika, akibatnya mengalami pergerakan semu tahunan bervariasi terhadap khatulistiwa. Variasi pergerakan semu tahunan ini, disebut deklinasi Matahari.

"Ketika deklinasi Matahari bernilai sama atau selisihnya kecil dengan lintang geografis pengamat, Matahari akan berada tepat di atas kepala pengamat (zenit) saat tengah hari. Fenomena ini juga bisa disebut Kulminasi Agung (Great Culmination/Istiwa'ul A'zham)," ujarnya.

Dia menegaskan, Kulminasi Agung yang terjadi di Kakbah dapat digunakan untuk mengecek dan meluruskan arah kiblat, karena banyangan benda yang terbentuk akan mengarah ke Kakbah ketika posisi Matahari berada di atasnya.

Dalam ilmu falak, Kulminasi Agung di Kakbah atau Matahari di atas Kakbah disebut juga sebagau Rashdul Qiblah yang bermakna "meluruskan kiblat."

Selain Rashdul Qiblah yang terjadiu dua kali setahun (sering disebut Rashdul Qiblah Global), ada Rashdul Qiblah lokal atau harian yang mana Matahari terletak pada jalur yang menghubungkan Kakbah dengan lokasi yang ingin dicek arah kiblatnya, waktu terjadinya bisa berubah-ubah setiap hari.

Dari perhitungan di Stellarium PC ver0.22, Matahari bakal mencapai nilai deklinasi pada 28 Mei 2022 pukul 07.12 WIB dan 16 Juli 2022 pukul 03.01 WIB.

Kendati demikian, Matahari masih di bawah ufuk, sehingga tengah hari yang terdekat adalah pada 28 Mei 2022 pukul 16.17 WIB, 17.17 WITA, 18.17 WIT. Dan, 15 Juli 2022 pukul 16.26 WIB, 17.26 WITA, 18.26 WIT.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini