Share

Kekuatan Jaring Laba-Laba Terbukti Secara Ilmiah dan Tercantum di Alquran

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 56 2599069 kekuatan-jaring-laba-laba-terbukti-secara-ilmiah-dan-tercantum-di-alquran-WPz1uvPvUk.jpg Kekuatan jaring laba-laba terbukti secara ilmiah dan tercantum di Alquran (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Kekuatan jaring laba-laba telah terbukti secara ilmiah, ternyata hal serupa juga tercantum kitab suci di Alquran. Disebut, sekuat baja.

Dirangkum dari buku Alquran versus Sains Modern, dijelaskan bahwa jaring laba-laba menjadi inspirasi para ilmuwan, sebab memiliki struktur yang terorganisasi rapi seperti kristal.

Jaring laba-laba, juga memiliki ketahanan terhadap air, dan mempunyai kekuatan lima kali lebih besar ketimbang baja dengan ukuran yang sama, dan dua kali lebih lentur dibandingkan serat nilon.

Jaring laba-laba bahkan dianggap lebih kuat dari baja. Kemudian kekuatan jaring laba-laba dinilai hanya dikalahkan kuarsa meleleh.

Oleh karena itu, para ilmuwan menyebutnya baja biologis atau biobaja.

Dikarenakan kuatnya serat pada jaring laba-laba, sehingga dikembangkan sebagai bahan tekstil tahan peluru, bodi mobil, penguat material komposit untuk peralatan elektronik dan bahan pesawat terbang.

Laba-laba juga disebutkan dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

مَثَلُ ٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَوْلِيَآءَ كَمَثَلِ ٱلْعَنكَبُوتِ ٱتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ ٱلْبُيُوتِ لَبَيْتُ ٱلْعَنكَبُوتِ ۖ لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ

"Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui." (QS. Al-Ankabut: 41).

Dikutip dari akun YouTube Visio Inspira, Selasa (24/5/2022), ternyata lemahnya rumah laba-laba bukan terletak dari benangnya, akan tetapi laba-laba betina selalu membunuh pejantannya setelah terjadi proses pembuahan.

Mereka juga mamakan tubuh pasangannya tersebut, dan laba-laba akan berebut makanan bahkan memakan saudaranya hingga hanya beberapa anak laba-laba yang tersisa

Cara hidup seperti inilah yang membuat rumah laba-laba disebut sebagai rumah paling lemah atau rapuh.

Meskipun disebutkan dalam Alquran bahwa rumah yang paling lemah ialah rumah laba-laba, dalam buku Alquran versus Sains Modern disebutkan bahwa laba-laba membuat jaring jebakan yang amat kuat untuk mencari mangsa yang terperangkap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini