Share

Buku Langka Ditemukan, Prediksi Kehidupan Alien di Saturnus dan Jupiter

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 56 2599265 buku-langka-ditemukan-prediksi-kehidupan-alien-di-saturnus-dan-jupiter-AI37TQiFCx.jpg Buku langka ditemukan, prediksi kehidupan alien di Saturnus dan Jupiter (Foto: Hansons Auctioneers)

JAKARTA - Buku langka yang ditulis pada abad ke-17 telah ditemukan di Inggris. Isinya, memprediksi kehidupan alien di Saturnus dan Jupiter.

Disadur dari IFLScience, Selasa (24/5/2022), buku ini ditulis pada 1698 oleh matematikawan, fisikawan, astronom Belanda, Christiaan Huygens.

Huygens bertanya, apakah Tuhan menciptakan planet lain "hanya untuk dilihat" dari Bumi? Menurutnya, Tuhan pasti memiliki suatu tujuan, dan tujuan itu harus untuk menopang kehidupan.

Dia mengatakan, alien tampaknya cukup intelektual. Huygens membayangkan mereka juga punya kemampuan sebagai astronom dan navigator ahli.

“Terutama mengingat keuntungan besar yang dimiliki Jupiter dan Saturnus untuk menjelajah, karena memiliki begitu banyak Bulan untuk mengarahkan arah mereka,” tulisnya

Menurutnya, alien juga merasakan kenikmatan yang timbul dari adanya masyarakat, seperti percakapan, budaya, lelucon, dan pemandangan, mereka bahkan disebut menikmati musik seperti kita, dan memainkan alat musik.

Namun, dia berpendapat, kehidupan di planet lain tidak semuanya merupakan visi utopis. Penduduk Jupiter dan Saturnus juga ada yang menderita, merasakan kemalangan, peperangan, kesengsaraan, hingga kemiskinan.

"Karena, jika manusia menjalani seluruh hidup mereka dalam kedamaian terus-menerus yang tidak ada gangguan, tidak takut akan kemiskinan, tidak ada bahaya perang, saya tidak ragu alien akan hidup sedikit lebih baik," papar dia.

Sementara itu, penilai buku Jim Spencer, yang menemukan buku tebal itu di acara penilaian barang antik gratis di sebuah pusat taman di Inggris, memberikan komentar.

“Buku ini mencoba menggambarkan seperti apa makhluk luar angkasa, bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka, bahkan seperti apa musik mereka terdengar,” ujar Spencer.

“Memang terasa lucu, tetapi ini diinformasikan oleh penalaran ilmiah, dan siapa yang tahu bagaimana pemikiran kita sendiri tentang masalah ini ternyata juga muncul jauh sebelumnya dalam 324 tahun lalu,” tambah Spencer.

Buku edisi pertama, yang dijelaskan oleh Spencer dinilai benar-benar penemuan yang luar biasa, dan akan dilelang di Perpustakaan Hansons di Staffordshire, Inggris, pada 5 Juli 2022.

“Ada perasaan penasaran saat membolak-balik buku ini. Subyeknya milik masa depan atau fiksi ilmiah, tetapi penulis berbicara kepada kita dari masa lalu," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini