Share

6 Alasan Kenapa Pakai VPN Jaringan Jadi Lemot

Syifa Fauziah, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 54 2600177 6-alasan-kenapa-pakai-vpn-jaringan-jadi-lemot-KCA9wMoDZk.jpg 6 alasan kenapa pakai VPN jaringan jadi lemot (Foto: BBC)

JAKARTA - Ada banyak alasan kenapa pakai VPN bisa bikin jaringan jadi lemot. Misalnya load server yang digunakan, jarak server VPN, firewall, dan masih banyak lagi.

Virtual Private Network (VPN) merupakan aplikasi yang digunakan untuk orang-orang yang membutuhkan privacy.

VPN juga berfungsi untuk melindungi data pribadi, di mana bisa menyembunyikan lokasi pengguna, dan mengubah alamat IP mereka ke negara tempat server ditempatkan.

Alih-alih ingin melindungi data, beberapa orang yang menggunakan VPN justru merasa terhambat karena koneksi yang lemot.

Penasaran alasan kenapa pakai VPN membuat jaringan lemot? Berikut ulasannya seperti dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Rabu (25/5/2022).

1. Jarak server VPN

Alasan kenapa pakai VPN membuat jaringan lemot, yang pertama adalah jarak server VPN. Jika Anda ingin berselancar di dunia maya menggunakan VPN, jarak antar server harus dekat.

Misalnya server dan alamat IP Anda di Indonesia, maka pilih server yang berada di wilayah Asia. Jika server yang dilipih terlalu jauh akan membuat akses internet menjadi lambat.

2. Firewall

Selain itu, penyebab lainnya adalah firewall. Sebenarnya firewall tidak akan mengganggu akses internet, namun bila jarak server dengan alamat IP terlalu jauh akan membuat jaringan internet menjadi lambat.

Untuk itu, Anda disarankan untuk menggunakan VPN premium agar memberikan akses keamanan dan firewall berjalan baik.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

3. Algoritma routing VPN

Router provider VPN yang terhubung dengan server dapat menjadi penyebab akses internet menjadi lemot. Biasanya router hanya menyediakan server terbatas sehingga penyaluran data internet tidak maksimal.

4. Berpengruh pada enkripsi

VPN sendiri banyak macamnya dan setiap VPN memiliki enkripsi yang berbeda. Jika menggunakan VPN gratis akan membuat kecepatan jaringan internet menjadi terganggu.

Beberapa enkripsi yang digunakan oleh aplikasi VPN gratis adalah Open VPN Protocol, Ikev 2 atau L2PT.

5. Pengaruh jaringan seluler

Alasan kenapa pakai VPN membuat jaringan jadi lemot selanjutnya adalah karena jaringan seluler. Jika jaringan seluler yang Anda gunakan kurang stabil, maka akses internet akan menjadi lambat meskipun sudah menggunakan VPN premium. Jadi sebaiknya perhatikan provider dengan kualitas jaringan terbaik.

6. Load Server

Jaringan yang lemot ketika memakai VPN juga bisa disebabkan oleh load server yang digunakan. Banyak orang yang menggunakan VPN dengan layanan gratis namun dengan kapasitas server yang terbatas. Hal itu mempengaruhi jaringan, pasalnya VPN tidak bisa menampung banyak server dalam satu kali akses.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini