Share

Studi Baru Ungkap Ingatan Penderita Insomnia Bisa Bermasalah

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 56 2600686 studi-baru-ungkap-ingatan-penderita-insomni-bisa-bermasalah-Tpxc6qdv9U.jpg Studi baru ungkap ingatan penderita insomnia bisa bermasalah (Foto: Sleep Review)

JAKARTA - Orang dengan insomnia berisiko mengalami masalah kognitif di kemudian hari. Hal ini, terungkap dalam penelitian yang dilangsungkan di Finlandia yang melibatkan 3.748 responden.

Dikutip dari Science Alert, Kamis (26/5/2022), masalah kognitif mencakup masalah ingatan, kesulitan konsentrasi, dan kemampuan belajar yang menurun.

Peneliti menyebut, semakin lama insomnia berlangsung, maka semakin buruk efeknya.

Diketahui, kesehatan mental dan fisik memang sangat bergantung pada jumlah tidur yang cukup. Sebenarnya tidak terlalu mengejutkan jika kognitif akan bermasalah pada orang yang kurang tidur.

"Hasil kami menunjukkan bahwa gejala insomnia pada usia kerja dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif di usia pensiun," terang peneliti dari University of Helsinki dalam makalah mereka.

"Analisis menunjukkan bahwa peningkatan keluhan tidur terkait dengan masalah yang lebih parah dalam fungsi kognitif subjektif," tambahnya.

Mengatasi insomnia dan mengobatinya lebih awal dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Peneliti mengungkap, ini bisa mencegah masalah kesehatan otak dan bahkan penyakit seperti Alzheimer di kemudian hari.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini