Share

NASA Ungkap Misi Terbarunya, Kirim Astronot untuk Injakkan Kaki di Mars

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 56 2600711 nasa-ungkap-misi-terbarunya-kirim-astronot-untuk-injakkan-kaki-di-mars-VQsodbLjRn.jpeg NASA ungkap misi terbarunya, kirim astronot untuk injakkan kaki di Mars (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA mengungkap bahwa mereka akan mengirim astronot ke Mars dalam beberapa waktu ke depan. Dikatakan, astronot akan menjalankan misi di sana selama 30 hari.

NASA pun meminta tanggapan publik tentang bagaimana rencana itu bisa berjalan. Pengajuan awalnya, jatuh tempo pada 31 Mei, tetapi batas waktu itu diperpanjang hingga 3 Juni.

Dilansir dari Space, Kamis (26/5/2022), Badan Antariksa AS tersebut berencana untuk meluncurkan astronot mereka ke Mars pada akhir 2030-an atau awal 2040-an.

Dalam paparannya, dijelaskan astronot akan menempuh perjalanan pulang pergi sekitar 500 hari, mengingat jarak Bumi dan Mars yang lebih jauh daripada jarak Bumi ke Bulan.

Namun, ada kendala teknis, seperti pesawat ruang angkasa yang saat ini masih belum cukup mumpuni untuk menuju ke Mars dengan mulus.

Diperkirakan para astronot baru akan tiba di Planet Merah setelah berbulan-bulan perjalanan dan harus menghadapi pemulihan kondisi yang signifikan.

NASA menyarankan, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membiarkan kru tinggal di rover untuk sementara waktu selama misi berjalan.

"Kami ingin memaksimalkan sains, sehingga kami mengizinkan mereka berkeliling sebelum mereka cukup terkondisi untuk mengenakan pakaian antariksa, dan berjalan serta memaksimalkan sains itu dalam 30 hari," Kurt Vogel, direktur arsitektur ruang angkasa NASA.

Sejauh ini, NASA berencana menggunakan roket yang ditenagai oleh propulsi kimia dan listrik untuk mengangkut awak ke Planet Merah. Nantinya ada empat astronot yang ditugaskan.

Dua orang di antaranya akan menjadi ujung tombak dari misi ini dengan langsung menginjakkan kaki di Mars. Sementara, sisanya akan tinggal di kabin yang mengorbit di sekitar Mars.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini