Share

Pola Garis Hitam di Bola Basket Bukan Sekadar Hiasan, Apa Fungsinya?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 56 2601045 pola-garis-hitam-di-bola-basket-bukan-sekadar-hiasan-apa-fungsinya-qo2TUTVTwR.jpg Pola garis hitam di bola basket bukan sekadar hiasan, apa fungsinya?

JAKARTA - Bagi penggemar olahraga bola basket ada hal unik yang harus diketahui. Tahukah kamu fungsi garis hitam di bola basket. Garis ini terletak melengkung di antara tekstur kasar yang ada di atas bola basket.

Bola basket standar memiliki eksterior berkerikil yang dipisahkan menjadi delapan panel oleh garis hitam tipis. Garis-garis itu lebih dari sekadar memberi bola tampilan yang khas.

Seperti dikutip dari laman Mentalfloss, Jumat (27/5/2021), Basketball Word mengungkapkan garis-garis hitam membuat bola basket lebih mudah dipegang.

Seperti titik-titik yang menutupi bagian luar bola basket, alur bola membuatnya lebih mudah ditangani.

Dalam permainan yang mengharuskan pemain untuk bermanuver di sekitar lapangan sambil menggiring bola, kontrol adalah kuncinya.

Garis bola basket memungkinkan pemain mencengkeram bola dengan lebih baik dan mengarahkannya ke arah yang berbeda dalam waktu singkat ketika bola mengenai tangan mereka.

Jika bola benar-benar mulus, memegangnya ternyata akan jauh lebih sulit.

Siapapun yang pernah bermain bola basket tua dengan garis-garis yang sudah usang pasti tahu seberapa besar perbedaan yang dibuat dari potongan-potongan karet tipis hitam itu.

Di awal sejarah olahraga ini, bola basket dimainkan dengan bola-bola halus di lapangan kayu keras yang dipoles minyak.

Pada masa itu, memegang bola hampir sama sulitnya dengan memasukkannya ke keranjang.

Dribbling belum diperkenalkan pada masa itu. pemain harus melempar bola dari tempat mereka menangkapnya, sehingga kemungkinan akan membuat segalanya lebih mudah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini