Share

Hewan Mampu Bedakan Ucapan Manusia yang Bermuatan Positif dan Negatif

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 56 2601473 hewan-mampu-bedakan-ucapan-manusia-yang-bermuatan-positif-dan-negatif-8vZeMsLX6A.jpg Hewan mampu bedakan ucapan manusia yang bermuatan positif dan negatif (Foto: Technology Networks)

JAKARTA - Studi baru menemukan, hewan seperti kuda, babi, dan anjing mampu membedakan ucapan manusia yang bermuatan positif dan negatif.

Hal tersebut, dibuktikan dalam studi di BMC Biologi tahun 2022. Penelitian sebelumnya, binatang dinilai hanya bisa mendengar atau melaksanakan apa yang diperintahkan manusia, tetapi kali berbeda.

"Hasilnya menunjukkan bahwa babi dan kuda peliharaan, serta kuda liar Asia, dapat membedakannya, baik ketika suara itu berasal dari spesies mereka sendiri dan kerabat dekat, serta dari suara manusia,โ€ jelas Elodie Briefer, profesor asosiasi ekologi dan evolusi di Departemen Biologi di Universitas Kopenhagen, Denmark.

Dilansir Cosmoz magazine, Jumat (27/5/2022), para peneliti mempelajari babi peliharaan dan kuda, serta babi hutan dan kuda Przewalski liar. Metodenya, dengan memutar rekaman suara binatang dan manusia dari speaker tersembunyi.

Para peneliti melihat reaksi perilaku hewan yang direkam dalam video. Mereka pun mencatat semuanya, mulai dari posisi telinga, hingga gerakan.

Mereka juga merekam suara dari spesies yang sama serta spesies yang berkerabat dekat.

Kemudian, hasilnya cukup mengagetkan, di mana kuda domestik dan liar, serta babi, babi hutan, bereaksi lebih kuat.

"Hasil menunjukkan bahwa hewan-hewan ini dipengaruhi oleh emosi. Yang kita isi dengan suara kita ketika kita berbicara atau berada di sekitar mereka,โ€ kata Briefer.

Sehingga, cara berkomunikasi pemilik hewan sangat menentukan, bagaimana hewan berperilaku nantinya.

โ€œArtinya, jika hewan pada awalnya diajak bicara dengan suara yang lebih positif dan ramah, ketika bertemu dengan orang, mereka akan bereaksi lebih sedikit. Mereka mungkin menjadi lebih tenang dan lebih santai," jelas Briefer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini