Share

Mengenal Software Akuntansi, Manfaat Serta Rekomendasi Terbaiknya

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 16 2603156 mengenal-software-akuntansi-manfaat-serta-rekomendasi-terbaiknya-oq86mWLKSY.jpg Foto: Dok Freepik

Software akuntansi Mekari merupakan software akuntansi terbaik di Indonesia. Software ini membantu para pelaku bisnis untuk lebih mudah dan cepat dalam melakukan pembukuan transaksi hingga menghasilkan laporan keuangan dengan cepat. Ada banyak keunggulan Mekari yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Software Akuntansi?

Software akuntansi adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk memudahkan para pengusaha dan akuntan untuk lebih mudah dalam melakukan aktivitas akuntansi. Kehadiran software akuntansi memudahkan dalam proses pencatatan, pembukuan, penjurnalan, pembuatan invoice, dan pembuatan laporan keuangan secara lengkap tanpa perlu melakukannya secara manual dengan berbagai rumus yang menyulitkan.

Meskipun begitu, masih banyak pengusaha yang belum begitu paham dengan manfaat dari software akuntansi. Software akuntansi menggunakan sistem modul yang spesifik untuk memudahkan para penggunanya dalam menggunakan setiap menu akuntansi. Misal, modul penjualan, pembelian, buku besar, pajak, penggajian, dan sebagainya.

Biasanya software akuntansi ini dibutuhkan oleh segala jenis bisnis dari semua industri. Hanya saja, ketidakpahaman banyak pengusaha dan merasa bahwa software akuntansi sulit digunakan, membuat mereka enggan menggunakan software akuntansi. Padahal, software akuntansi memudahkan para pengusaha dan akuntansi dalam mengerjakan proses akuntansi bisnis.

Manfaat Software Akuntansi Distributor

Dengan menggunakan software akuntansi distributor, Anda akan mendapatkan segudang manfaat yang akan memudahkan dan melancarkan bisnis Anda. yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Mencatat Sisa Piutang Otomatis

Manfaat yang pertama jika sebuah perusahaan distributor menggunakan software akuntansi distributor adalah sisa piutang customer dan vendor bisa tercatat secara otomatis. Hal ini tentu memudahkan perusahaan dalam memonitor sisa piutang tersebut tanpa harus menghitung secara manual. Tidak hanya itu, software ini juga bisa mengingatkan Anda jika ada hutang piutang yang sudah jatuh tempo.

2. Menghitung Laba dan Rugi Otomatis

Selain bisa mencatat sisa piutang secara otomatis, software akuntansi pabrik ini juga bisa menghitung jumlah laba dan rugi setiap bulannya secara otomatis. Dengan demikian, pemilik bisnis bisa mengetahui keuntungan atau kerugian tanpa harus menghitung manual.

3. Menghitung Stok Barang Otomatis

Bukan hanya bisa menghitung laba atau rugi dan piutang secara otomatis, software akuntansi distributor juga bisa menghitung sisa stok barang di gudang serta mencatat posisi stok tersebut secara otomatis. Tidak hanya itu, software pabrik ini juga bisa mencatat data pemindahan stok barang dari satu gudang ke gudang lainnya.

4. Mencatat Semua Transaksi

Manfaat software akuntansi yang selanjutnya yaitu sebagai pencatat transaksi. Sebuah perusahaan distributor yang baik adalah perusahaan yang mempunyai catatan transaksi yang detail. Mengapa demikian? Hal ini karena data transaksi tersebut sangat penting untuk dijadikan laporan keuangan.

Nah, dengan menggunakan software ini, maka pencatatan transaksi bisa dilakukan secara otomatis. Contoh transaksi yang biasa dilakukan yaitu transaksi penjualan, pembelian, dan transaksi biaya-biaya lainnya. Selain bisa tercatat secara otomatis dengan baik, Anda juga tidak perlu khawatir data hilang karena sudah tersedia back up atau cadangan data.

5. Menyusun Laporan Keuangan

Selain bermanfaat untuk pencatatan transaksi, software akuntansi juga bermanfaat untuk menyusun laporan keuangan. Proses menyusun laporan keuangan adalah pekerjaan yang rumit karena membutuhkan ketelitian dan kejelian agar mendapatkan hasil yang akurat.

Namun, jika Anda menggunakan software akuntansi distributor, maka proses membuat laporan keuangan tidak menjadi rumit karena semua data transaksi sudah tercatat. Dengan demikian, membuat laporan keuangan menjadi lebih mudah dan cepat.

6. Membantu Mengurangi Kesalahan Manusia

Manfaat yang selanjutnya adalah meminimalisir kesalahan saat melakukan proses akuntansi secara manual. Jika terjadi kesalahan dalam proses input data, maka tidak jarang hal tersebut dapat mengambil waktu yang lama untuk memperbaiki.

Selain itu, bahkan kesalahan terkecil dapat menambah biaya perusahaan. Oleh karena itu, saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang hanya mempekerjakan tenaga profesional dalam menggunakan software akuntansi distributor tersebut.

7. Menghasilkan Laporan Rinci dalam Waktu Cepat

Manfaat yang selanjutnya adalah mampu menghasilkan laporan secara rinci hanya dengan satu kali klik tombol. Tingkat aksesibilitas yang tinggi ini membuat perusahaan tidak harus menunggu lama untuk membuat laporan keuangan. Dengan demikian, laporan keuangan menjadi mudah, cepat, dan akurat untuk dibuat.

Tidak hanya laporan keuangan, software ini juga bisa membuat semua laporan yang dibutuhkan untuk masalah perpajakan secara otomatis.

8. Software Akuntansi Mudah Disesuaikan

Kebanyakan software akuntansi distributor mudah untuk disesuaikan. Hal ini sangat berguna ketika pengguna ingin melihat semua data mereka dalam berbagai format. Sebagai contoh, jika seorang akuntan bertanggung jawab terhadap klien penagihan, maka ia bisa dengan mudah membangun template faktur sesuai masing-masing klien.

Selain itu, akuntan juga bisa laporan keuangan ke berbagai tata letak atau format yang berbeda-beda untuk dikirim ke berbagai departemen.

9. Mengurangi Biaya Sumber Daya Manusia

Dengan menggunakan software akuntansi manufaktur ini, maka perusahaan bisa menghilangkan banyak pekerjaan manual yang biasa dilakukan saat melakukan akuntansi tradisional.

Oleh karena itu, mempekerjakan seorang ahli komputerisasi software akuntansi akan memungkinkan perusahaan untuk mengurangi SDM dan pengurangan biaya untuk menggaji SDM. Dengan demikian, perusahaan hanya perlu satu karyawan untuk membuat laporan, melakukan pengajuan, dan menangani catatan keuangan.

Salah satu software akuntansi yang digunakan oleh hampir seluruh jenis bisnis dan industri, dari skala kecil hingga besar di Indonesia adalah Mekari. Tercatat sudah lebih dari 100 ribu bisnis menggunakan software Mekari di seluruh Indonesia.

Apa Itu Mekari?

Mungkin ada di antara para pengusaha di Indonesia yang belum mengetahui mengenai Mekari. Mekari adalah software akuntansi berbasis web yang bisa diakses tanpa perlu diinstall di satu komputer saja. Melainkan bisa diakses dimana saja dan kapan saja asalkan terdapat jaringan internet dalam mengaksesnya.

Mekari cocok digunakan untuk berbagai jenis bisnis, baik itu dagang, jasa, kontraktor, hingga manufaktur untuk menghasilkan pembukuan hingga laporan keuangan yang handal bagi perusahaan dan tentunya sangat cocok dalam perhitungan perpajakan di Indonesia.

Selain itu yang membanggakan, bahwa Mekari merupakan software akuntansi yang diciptakan dan dikembangkan oleh para programmer Indonesia. Produk Mekari merupakan ciptaan anak bangsa yang patut kita banggakan.

Keunggulan Mekari

Mekari tidak seperti dengan software akuntansi lainnya. Semua fitur dan modulnya lengkap serta bisa digunakan cukup dengan berlangganan Accurate tanpa perlu tambahan biaya untuk menggunakan fitur dan modul lainnya di Mekari. Selain itu, masih banyak keunggulan Mekari yang menjadikannya software akuntansi terbaik di Indonesia. Adapun keunggulan-keunggulan yang bisa anda dapatkan adalah:

1. Fitur Approval

Tidak perlu lagi takut jika staf Anda melakukan transaksi apapun di Mekari, karena Anda bisa mengaktifkan fitur approval di Mekari. Setiap transaksi yang dilakukan perlu menunggu persetujuan Anda. Tentu akan memudahkan Anda dalam melihat transaksi apapun yang dilakukan oleh staf Anda.

Ketika staf Anda melakukan transaksi secara otomatis akan mengirimkan notifikasi untuk persetujuan otoritas. Anda juga bisa memiliki akses persetujuan dapat memverifikasi transaksi dan mengeditnya apabila diperlukan persetujuan, selain itu bisa menghindari kesalahan yang terjadi.

2. Periode Akuntansi Dinamis

Mungkin jarang terpikirkan oleh Anda, saat ingin membeli software akuntansi terkadang software akuntansi tidak memiliki periode akuntansi yang dinamis. Sebab, banyak perusahaan yang tidak menggunakan periode akuntansi yang umum seperti Januari-Desember.

Jika perusahaan Anda berafiliasi dengan perusahaan dari negara lain, biasanya mereka memiliki periode akuntansi yang berbeda bukan hanya Januari-Desember. Mekari, memiliki fitur periode akuntansi dinamis yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan periode akuntansi yang berlaku di perusahaan Anda.

3. Aplikasi Mobile

Repot mau cek pencatatan harus buka laptop atau nyalain komputer, Mekari akan memudahkan para penggunanya untuk melakukan hal tersebut dengan menggunakan aplikasi Mekari.

Salah satu keunggulan Mekari adalah tersedianya aplikasi Mekari untuk kemudahan pencatatan dan pembukuan dari smartphone. Temukan aplikasi mobile Mekari di Play Store (Android) dan App Store (ioS).

Apa saja yang bisa Anda lakukan di aplikasi?

● Memantau performa bisnis

● Mendapatkan laporan keuangan instan

● Memantau transaksi perbankan

● Melihat penjualan

● Cek Gudang

● Bikin Faktur & Invoice

Selain itu masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda gunakan di Aplikasi mobile Mekari.

4. Pencatatan Aset per Cabang

Kalau bisnis Anda memiliki banyak cabang, tentu Anda bisa menggunakan fitur aset cabang. Fitur ini digunakan untuk melihat berbagai aset yang dimiliki oleh perusahaan Anda di setiap cabang. Anda tidak perlu lagi untuk memantau dengan beda aplikasi, cukup menginput berbagai informasi aset untuk mengetahui lebih lanjut.

5. Bisa Dikelola di Server yang Disediakan maupun Server Sendiri

Jika bisnis Anda masih bertaraf kecil dan menengah, mungkin Anda tidak perlu pusing memikirkan server untuk penyimpanan database keuangan bisnis Anda. Mekari sudah menyiapkan server yang siap Anda gunakan dengan keamanan tingkat tinggi. Anda bisa menyimpan data keuangan dengan aman di server milik Mekari.

Jika Anda ingin menyiapkan server sendiri, Anda juga bisa menggunakan private cloud dari pihak Anda untuk menjaga keamanan data keuangan bisnis Anda sendiri.

6. Cocok untuk Segala Jenis Bisnis

Mekari bukanlah software akuntansi yang hanya bisa digunakan oleh bisnis-bisnis tertentu. Bisnis apapun bisa menggunakan Mekari. Hanya cukup menyesuaikan kebutuhan dari bisnis Anda. Jika bisnis Anda hanya bisnis distributor, retail, bisnis jasa cukup menggunakan versi standar.

Apabila bisnis Anda adalah bisnis manufaktur dan konstruksi, Anda juga tetap bisa menggunakan Mekari versi manufaktur yang bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan manufaktur.

7. Integrasi Marketplace

Buat Anda yang melakukan aktivitas jual beli di Marketplace, Anda bisa menggunakan software Mekari untuk melakukan pembukuan. Saat ini Mekari telah terintegrasi dengan berbagai marketplace besar di Indonesia seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dan JD.id.

Anda tidak perlu mencatat ulang transaksi, karena Anda bisa mengintegrasikannya dengan Mekari. Ketika terdapat transaksi di marketplace, secara otomatis transaksi tersebut telah tercatat di akun Mekari Anda.

Penutup

Saat ini Mekari sedang membagikan trial selama 14 hari untuk pengusaha dan akuntan yang ingin mendapatkan pengalaman dalam menggunakan Mekari dan menemukan berbagai keunggulan Mekari. Jika Anda bersedia, segera kunjungi https://mekari.com untuk mendapatkan trial Mekari sekarang juga.

CM

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini