Share

Perempuan Terkuat Meta Resmi Resign Setelah 14 Tahun Bantu Mark Zuckerberg

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 57 2604310 perempuan-terkuat-meta-resmi-resign-setelah-14-tahun-bantu-mark-zuckerberg-cl7gnOnO76.jpg Perempuan terkuat Meta resmi resign setelah 14 tahun bantu Mark Zuckerberg (Foto: Yonhap/EPA)

JAKARTA - Eksekutif nomor dua di Meta, Sheryl Sandberg, dilaporkan resmi mengundurkan diri. Dirinya, telah membantu Mark Zuckerberg selama 14 tahun.

Dikutip dari CBC News, Kamis (2/6/2022), perempuan terkuat di perusahaan ini, sebelumnya menjabat sebagai Chief Operating Officer Facebook.

Tidak diungkap apa alasan dia mengundurkan diri, tetapi dalam tulisannya di Facebook, Sandberg mengaku ingin memulai bab baru dalam hidupnya.

"Ketika saya mengambil pekerjaan ini pada tahun 2008, saya berharap saya akan berada dalam peran ini selama lima tahun. Empat belas tahun kemudian, inilah saatnya bagi saya untuk menulis bab berikutnya dalam hidup saya," tulis Sandberg.

Sandberg selama 14 tahun telah memimpin perusahaan untuk memasuki bisnis iklan dari semula hanya sebagai perusahaan rintisan hingga kini telah menjadi perusahaan raksasa.

Selama itu, ia bertanggung jawab atas kelangsungan bisnis perusahaan.

Sebagai tokoh kunci nomor dua perusahaan setelah sang CEO, Sandberg memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh Mark Zuckerberg.

Kemampuannya ini, begitu kontras terutama di tahun-tahun awal Facebook.

Sandberg begitu ahli dalam berbicara di depan umum, mudah untuk menjembatani dunia teknologi, bisnis, dan politik. Lain hal dengan Zuckerberg yang kala itu belum memiliki kemampuan tersebut.

"Sheryl Sandberg memiliki dampak besar di Facebook, Meta, dan dunia bisnis yang lebih luas. Dia membantu Facebook membangun platform pembelian iklan kelas dunia dan mengembangkan format iklan yang inovatif." kata seorang analis di Insider Intelligence, Debra Aho Williamson.

"Tetapi, hari ini Meta menghadapi perlambatan pertumbuhan pengguna dan pendapatan iklan yang signifikan.Perusahaan perlu menemukan cara baru ke depan, dan mungkin ini adalah waktu terbaik bagi Sandberg untuk pergi," lanjutnya.

Sandberg akan meninggalkan Meta pada musim gugur, ia bakal terus memantau perkembangan Facebook di dewan perusahaan.

Sementara itu, Zuckerberg mengatakan dalam akun Facebook-nya, sosok Javier Olivan akan menggantikan Sandberg.

"Ini akan menjadi peran COO yang lebih tradisional di mana Javi akan fokus secara internal dan operasional, membangun rekam jejaknya yang kuat untuk membuat eksekusi kami lebih efisien dan ketat," tulis Zuckerberg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini