Share

NASA Temukan Planet Baru, Disebut Permukaannya Mirip Neraka

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 56 2604994 nasa-temukan-planet-baru-disebut-permukaannya-mirip-neraka-WWzzqVlrsp.jpg NASA temukan planet baru, disebut permukaannya mirip neraka (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan bahwa baru-baru ini telah menemukan planet baru, kondisi permukaannya mirip "neraka."

Disadur dari Phys, Jumat (3/6/2022), planet itu berjarak 50 tahun cahaya, dinamai 55 Cancri e dan mengorbit begitu dekat dengan "bintangnya yang mirip Matahari."

Sehingga, kondisi permukaannya secara harfiah mirip neraka, sebuah dimensi dalam keadaan terbakar yang konstan.

Data menunjukkan, 55 Cancri e berjarak kurang dari 1,5 juta mil dari bintangnya atau 1/25 jarak Merkurius dari Matahari.

"Dengan suhu permukaan jauh di atas titik leleh, sisi siang hari planet ini diperkirakan tertutup lautan lava," lapor NASA.

NASA berpendapat, tidak ada palanet yang seperti 55 Cancri e di Tata Surya dengan keadaan seekstrem itu.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

Sejauh ini, para ilmuwan masih mempelajari apakah planet neraka ini mengalami secara pasang surut, dengan satu sisi menghadap bintang setiap saat, atau ia berputar sehingga menciptakan siang dan malam.

Satu teori menjelasakan, planet ini memiliki atmosfer dinamis yang bisa memindahkan panas.

Teori lainnya adalah 55 Cancri e berputar untuk menciptakan siang dan malam, tetapi prosesnya sangat mengerikan.

"Dalam skenario ini, permukaan planet akan memanas, meleleh, dan bahkan menguap di siang hari, membentuk atmosfer yang sangat tipis yang bisa dideteksi Webb," ujar NASA.

"Pada malam hari, uapnya akan mendingin dan mengembun membentuk tetesan lava yang akan menghujani kembali ke permukaan, menjadi padat lagi saat malam tiba," tambah NASA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini