Share

7 Jenis Keyboard Berdasarkan Susunan Hurufnya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 57 2605050 7-jenis-keyboard-berdasarkan-susunan-hurufnya-uAxhHrgod5.jpg 7 jenis keyboard berdasarkan susunan hurufnya (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Jenis keyboard berdasarkan susunan hurufnya ternyata berbeda-beda. Apakah anda sudah tahu? Jika belum, sebaiknya anda membaca artikel ini sampai selesai.

Keyboard adalah salah satu perangkat yang cukup esensial bagi komputer maupun laptop.

Kegunaannya adalah untuk menginput atau mengetikan informasi ke dalam perangkat komputer maupun laptop, baik berupa tulisan, huruf, simbol, dan lain-lain.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 7 Jenis Keyboard berdasarkan susunan hurufnya.

1. Keyboard QWERTY

Keyboard yang satu ini merupakan yang paling populer. Nama QWERTY pada jenis keyboard ini berasal dari 6 kata pertama dalam keyboard.

Jenis keyboard ini ditemukan oleh Sholes, Glidden, dan Soule pada tahun 1878. Keyboard ini didesain agar dapat meminimalisir kemacetan, namun kekurangannya adalah beban pada keyboard yang tidak merata.

2. Keyboard DVORAK

Keyboard yang satu ini ditemukan tahun 1932 dan didesain sedemikian rupa agar tangan kanan memiliki porsi lebih banyak dalam pengetikan.

Tidak hanya itu, 70 perse ketikan yang dilakukan menggunakan keyboard ini ada pada home row. Home Row adalah istilah yang digunakan untuk menamai deretan tombol yang terletak pada baris kedua alfabet.

3. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG memiliki kemiringan 15 derajat ke bawah dan desainnya dibuat nyaman untuk di meja kerja. Keyboard ini juga dibagi menjadi dua bagian, yakni bagian kiri dan kanan.

4. Keyboard MALTRON

Keyboard yang satu ini dirancang agar penggunanya merasa nyaman saat mengetik. Dibuktikan dengan bentuk keyboardnya cekung ke dalam.

5. Keyboard CHORD

Keyboard yang satu ini cukup unik karena dalam penggunaannya anda harus menekan beberapa tombol secara bersamaan untuk menginputkan satu huruf. Sehingga jika anda menggunakannya dalam jangka waktu lama akan cukup melelahkan.

6. Keyboard Alphabetic

Seperti namanya, keyboard yang satu ini menggunakan susunan huruf alfabet secara berurutan.

7. Keyboard Numerik

Keyboard Numerik diperuntukan bagi pengguna yang sering memasukan bilangan dalam jumlah yang besar karena keyboard ini didesain agar angkanya dibuat berdekatan.

Demikian informasi mengenai 7 Jenis keyboard berdasarkan susunan hurufnya, semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini