Share

Ilmuwan Buktikan Berbagai Manfaat Nyamuk untuk Kehidupan Seperti Termuat di Alquran

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 56 2606089 ilmuwan-buktikan-berbagai-manfaat-nyamuk-untuk-kehidupan-seperti-termuat-di-alquran-JjBOywihjy.jpg Ilmuwan buktikan berbagai manfaat nyamuk untuk kehidupan seperti termuat di Alquran (Foto: Times of India)

JAKARTA - Nyamuk sering dinilai hanya pengganggu aktivitas manusia, tetapi ilmuwan menjelaskan bahwa serangga satu ini punya manfaat bagi kehidupan, seperti termuat di Alquran.

Diolah dari YouTube Lensa Aswaja, Senin (6/6/2022), nyamuk sendiri ternyata disebutkan di dalam Alquran sebagai perumpamaan dan memiliki hikmah yang luar biasa dari penciptaannya. Allah SWT berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَسْتَحْيٖٓ اَنْ يَّضْرِبَ مَثَلًا مَّا بَعُوْضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۗ فَاَمَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا فَيَعْلَمُوْنَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۚ وَاَمَّا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَيَقُوْلُوْنَ مَاذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِهٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهٖ كَثِيْرًا وَّيَهْدِيْ بِهٖ كَثِيْرًا ۗ وَمَا يُضِلُّ بِهٖٓ اِلَّا

"Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka tahu bahwa itu kebenaran dari Tuhan. Tetapi mereka yang kafir berkata, “Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?” Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang dibiarkan-Nya sesat, dan dengan itu banyak (pula) orang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu selain orang-orang fasik." (QS. Al Baqarah: 26)

Menurut kacamata sains, nyamuk merupkan hewan dengan anatomi tubuh yang mengagumkan. Sebab, punya 100 mata, di mulutnya ada 48 gigi, dan di dadanya terdapat tiga buah jantung di mana masing-masing jantung terdapat dua Atrium, dua bilik, dan 2 katup. Beratnya, tidak lebih dari 0,1 gram.

Selain anatomi yang rumit tersebut, nyamuk juga punya perangkat canggih untuk menyedot darah, memiliki alat pendeteksi panas, alat pencair darah, dan alat untuk membius manusia.

Nyamuk disebut memiliki 6 buah pisau, empat buah pisau untuk membuat luka berbentuk segiempat, sedangkan dua pisau lainnya untuk membentuk lubang sesuai tabung penghisap darah.

Manfaat Keberadaan Nyamuk Bagi Kehidupan

Kendati dikenal sebagai makhluk yang kerjanya hanya menyusahkan dan membuat manusia menderita, tetapi ada manfaatnya Allah SWT menciptakan nyamuk. Allah SWT berfirman:

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاۤءَ وَالْاَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلًا ۗذٰلِكَ ظَنُّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَوَيْلٌ لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنَ النَّارِۗ

"Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dengan sia-sia. Itu anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang yang kafir itu karena mereka akan masuk neraka," (QS. Sad: 27)

Adapun manfaat yang pertama, larva nyamuk menghasilkan zat nitrogen yang berguna bagi ekosistem tanaman. Kedua, nyamuk bermanfaat untuk proses penyerbukan tanaman coklat, karenanya jika spesies nyamuk hilang akan menghambat penyebaran dan penyerbukan coklat secara alami.

Manfaat ketiga, nyamuk dapat membantu menyebarkan bakteri pathogen, lalu manfaat keempat adalah nyamuk berfungsi sebagai rantai makanan spesies lain, seperti kodok, cicak, hingg ikan-ikan yang rasanya nikmat untuk disantap oleh manusia.

Kelima, nyamuk sebagai indikator dini berbagai permasalahan kesehatan, ia mampu mendeteksi perubahan suhu hingga derajat yang sangat kecil, dan menyedot darah yang berbau asam seperti asam laktat, asam urat, serta yang berbau kolesterol.

Kemudian, yang keenam ialah nyamuk dapat menghisap darah kotor yang merugikan dalam tubuh manusia, di mana tubuh manusia secara otomatis akan memproduksi darah baru lengkap dengan hemoglobin yang berkurang tadi.

Selanjutnya, manfaat yang ketujuh, yakni mengurangi populasi mikroorganisme dari bakteri, terutama bakteri parasit yang terdapat pada air kotor.

Dan terakhir, keberadaan nyamuk untuk memotivasi manusia agar hidup lebih sehat, membuat manusia menutup tempat penyimpanan air agar tidak terkotori.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini