Share

Ular Mampu Melihat Meski Keadaan Gelap Gulita, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 56 2607094 ular-mampu-melihat-meski-keadaan-gelap-gulita-ini-penjelasan-ilmiahnya-R1uPY58tBd.JPG Ular mampu melihat meski keadaan gelap gulita, ini penjelasan ilmiahnya (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ular memiliki kemampuan untuk melihat dengan baik meski keadaan sekitarnya gelap gulita. Fakta ini, berdasarkan studi yang diterbitkan jurnal Matter.

Ular mengubah perbedaan antara suhu lingkungan dan tubuh hangat korbannya menjadi sinyal listrik, sehingga memberikan sinyal akan lokasi mangsanya.

Disadur dari IFLScience, Selasa (7/6/2022), inilah yang memungkinkan ular dapat menerkam mangsa dalam gelap dengan akurasi yang luar biasa.

Kemampuan ini, mecakup beberapa jenis ular berbisa pit, ular boa, dan ular sanca, di mana mereka mampu menangkap mangsa dalam keadaan gelap total.

Sebelumnya, para peneliti telah menyelidiki bahan piroelektrik yang mampu menghasilkan tegangan saat dipanaskan atau didinginkan.

"Kami menyadari ada misteri yang terjadi di dunia ular. Beberapa ular dapat melihat dalam keadaan gelap total. Ini akan dapat dijelaskan dengan mudah jika ular memiliki bahan piroelektrik di tubuh mereka, tapi ternyata tidak," kata penulis studi baru tersebut, Pradeep Sharma.

Beberapa ular, memiliki organ kecil berongga yang disebut organ lubang yang dapat mendeteksi inframerah dari benda atau hewan yang lebih hangat daripada udara di sekitarnya.

Sharma dan rekannya menyadari, di dalam organ itu ada sel-sel yang fungsinya seperti bahan piroelektrik menghasilkan tegangan kecil sebagai respons terhadap perubahan suhu.

Tegangan ini, diketahui memberikan informasi ke ular tentang lingkungan sekitarnya.

Fakta lainnya, ada banyak sekali saluran ion yang ditemukan di protein sel TRPA1 ular pit.

Mungkin, saluran ini juga memberikan peran penting dalam penglihatan malam ular tersebut. Hal ini, tentu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

"Mekanisme kami sangat kuat dan sederhana. Ini menjelaskan banyak hal. Di saat yang sama tidak dapat dimungkiri bahwa saluran ini juga berperan, dan kami belum yakin hubungannya," jelas Sharma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini