Share

Bocoran Ponsel Layar Lipat iPhone, Spesifikasi dan Tanggal Rilis

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 57 2606855 bocoran-ponsel-layar-lipat-iphone-spesifikasi-dan-tanggal-rilis-4mqUGgq6br.jpg Bocoran ponsel layar lipat iPhone, spesifikasi dan tanggal rilis (Foto: Tom's Guide)

JAKARTA - Rumor keberadaan iPhone dengan desain lipat kembali beredar. Apple disebut sedang mengerjakan desain clamshell dan smartphone lipat ke dalam produk terbarunya untuk menyaingi ponsel Samsung Galaxy Z.

Dilansir dari Laptop Mag, Selasa (7/6/2022), mulanya iPhone lipat pertama diharapkan akan diluncurkan pada 2023, dengan laporan yang menyatakan bahwa iPhone clamshell Apple akan menjadi ponsel lipat pertama yang diluncurkan, dengan panel layar 7,5 inci.

Laporan itu, juga menyatakan Apple bekerja sama dengan LG Display untuk mengembangkan panel OLED yang dapat dilipat. Analisis Apple, Ming-Chi Kuo mengatakan pihaknya sedang menguji perangkat OLED sembilan inci yang dapat dilipat dengan piksel per inci (PPI) antara iPhone dan iPad.

“Namun, karena perangkat ini masih dalam tahap pengujian, ukuran tampilan mungkin tidak seperti yang terlihat pada produk akhir, yang diprediksi akan keluar pada tahun 2025 atau bisa lebih lama lagi,” ucapnya.

Menurut paten yang diajukan pada tahun 2020, melalui MacRumors, Apple sedang mengerjakan lapisan pelindung untuk iPhone‌ yang dapat dilipat sehingga tidak akan retak.

“Pengajuan paten menunjukkan ponsel lipat clamshell, memberi kami gambaran bahwa Apple mungkin mengambil rute Galaxy Z Flip, pengganti ponsel kecil potensial menyusul rumor kematian lini iPhone mini dengan iPhone 13 mini,” tambah Kuo.

Iphone lipat ini akan menggunakan iOS Beta News membuat desain konsep untuk memberi kita gambaran tentang seperti apa tampilan iPhone yang dapat dilipat, tetapi itu spekulatif berdasarkan berbagai rumor yang ada sehingga bisa jadi jauh dari hasil akhir.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, layar iPhone yang dapat dilipat diharapkan menjadi panel OLED antara 7,3 hingga 7,6 inci, tetapi sekarang banyak rumor yang beredar menunjukkan layar OLED 8 inci.

Menurut Kuo, Apple sudah menguji teknologi layar e-ink berwarna untuk digunakan sebagai layar penutup perangkat lipat masa depan dan aplikasi seperti tablet. Ini menyimpang dari desain yang digunakan pada perangkat lipat Android, seperti layar sampul AMOLED Samsung Galaxy Z Flip.

“Penggunaan layar e-ink akan lebih menghemat daya. Dan iPhone lipat ini diprediksi akan menggunakan baterai yang awet dibanding pesaingnya,” jelas Kao.

Saat ini belum diketahui, apakah Electronic Paper Display (EPD) e-ink akan digunakan sebagai tampilan sampul yang lebih kecil pada iPhone yang dapat dilipat atau sebagai layar kedua penuh.

Namun, perangkat OLED sembilan inci yang dapat dilipat antara iPhone dan iPad ini dapat menggunakan kombinasi layar OLED dan layar e-ink warna kedua. Menggunakan teknologi tampilan semacam ini akan menjadi sentuhan menarik untuk perangkat lipat Apple.

Sejauh ini, informasi tentang kekuatan iPhone yang dapat dilipat di bawah kap masih langka. Namun, mengetahui bahwa itu diperkirakan akan tiba sekitar tahun 2025 berarti tidak mungkin menggunakan A15 Bionic dari iPhone 13, atau bahkan chip A16 dari iPhone 14.

Perangkat lipat Apple tidak diragukan lagi akan menjadi pembangkit tenaga listrik, mengingat setiap iPhone baru menawarkan kinerja terbaik di pasar smartphone.

Kuo mengatakan seperti perangkat lipat Android, kami berharap Apple menggunakan chip yang sama dengan yang digunakan di perangkat iPhone/iPad arus utama, meskipun kami mungkin melihat peluncuran OS baru untuk memenuhi kebutuhan unik perangkat.

“Perbedaan antara iOS dan iPadOS sedikit, namun keduanya adalah sistem operasi yang berbeda. Dengan pemikiran ini, ada alasan untuk percaya bahwa Apple dapat mengeluarkan fork baru dari OS selulernya untuk jajaran produk yang dapat dilipat. Namun tentu saja ini masih perencanaan,” ungkap Kuo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini