Share

Asal-Usul Nama Google Terlahir Karena Momen Unik

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 57 2608657 asal-usul-nama-google-terlahir-karena-momen-unik-WnY9dK2olg.jpg Asal-usul nama Google terlahir karena momen unik (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Asal-usul nama Google ternyata cukup unik. Diketahui, Google merupakan raksasa teknologi yang kini telah berkembang pesat hingga memiliki banyak pengguna di seluruh dunia.

Google terus berkembang karena gencar melakukan akuisisi terhadap startup yang sekiranya berpotensi untuk manjadi besar. Seperti, Youtube, Android, Keyhole Inc, dan lain-lain.

Lantas, bagaimana asal-usul nama Google yang katanya lahir dari sebuah momen unik? Dirangkum dari berbagai sumber, simak informasinya berikut ini.

Asal-Usul Nama Google

Pengguna Google memang sudah sangat banyak. Tetapi, belum tentu mereka semua tahu mengenai asal-usul nama Google itu sendiri. Ternyata, nama Google lahir karena kesalahan dalam mengeja.

Proyek Google mulai dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin di tahun 1996. Mulanya kedua mahasiswa Standford University ini berkolaborasi untuk mengembangkan BackRub, sebuah mesin pencarian yang digunakan di kampus mereka.

Lalu pada tahun 1997, Larry Page dan Sergey Brin berencana akan merubah nama BackRub. Salah satu nama yang dipertimbangkan adalah ‘googolplex’ tetapi disingkat menjadi Googol.

Nama Googol diambil dari istilah dalam ilmu matematika yang artinya digit 1 diikuti oleh seratus nol dalam bilangan desimal.

Tujuan dari diambilnya istilah tersebut adalah sebagai gambaran misi Google, yaitu sebagai gudang informasi yang tidak terbatas di internet.

Kala itu, salah satu kolega Page dan Brin, yaitu Sean Anderson, mencari apakah domain “Googol.com” sudah ada atau belum.

Namun, ternyata Sean melakukan kesalahan eja, yakni menjadi “Google.com” dan saat itu nama tersebut belum ada yang memakai.

Meski demikian, Larry justru suka dengan nama Google dan akhirnya di daftarkan secara resmi pada 15 September 1997.

Salah satu fakta menarik dari Google adalah halaman awal Google terlihat bersih karena dulu pendirinya tidak begitu menguasai HTML.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini