Share

Ada Kalanya Matahari Tak Pernah Terbenam dari Sudut Pandang ISS

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 12 56 2610300 ada-kalanya-matahari-tak-pernah-terbenam-dari-sudut-pandang-iss-oqtKaovBbZ.jpg Ada kalanya Matahari tak pernah terbenam dari sudut pandang ISS (Foto: Twitter/@AstroSamantha)

JAKARTA - Seorang astronot yang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) telah memposting sebuah video, di mana menunjukkan Matahari menyinari seluruh planet di Tata Surya, termasuk Bumi.

Astronot itu adalah Samantha Cristoforetti, anggota Badan Antariksa Eropa (ESA), ia mengabadikan panorama luar biasa tersebut melalui sebuah rekaman yang lantas dibagikannya lewat Twitter, pada Kamis (9/6/2022).

"Di musim 'beta tinggi' seperti di awal Mei, bidang orbit kita sedemikian rupa sehingga kita tidak pernah dibayangi oleh Bumi, yang berarti Matahari tidak pernah benar-benar terbenam," ungkap Cristoforetti dalam tweet-nya.

Dikutip dari Digital Trends, Senin (13/6/2022), selain Bumi video tersebut juga menunjukkan susunan surya ISS yang terus menyesuaikan untuk menangkap energi sebanyak mungkin dari bintang paling panas itu.

Dengan stasiun luar angkasa yang mengorbit Bumi pada kecepatan sekitar 28.324 kilometer per jam, fasilitas tersebut biasanya mendapati 16 Matahari terbenam dan Matahari terbit setiap harinya.

Anda dapat melihat ini terjadi selama siaran langsung perjalanan luar angkasa, di mana astronot harus berurusan dengan kondisi pencahayaan yang terus berubah selama perjalanan yang dapat berlangsung selama tujuh jam.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

Namun, seperti yang ditunjukkan Cristoforetti dalam tweetnya, pada waktu-waktu tertentu dalam setahun - khususnya dalam beberapa minggu titik balik Matahari musim panas di kedua belahan Bumi - stasiun tersebut tetap bermandikan sinar Matahari saat mengorbit Bumi.

Fenomena ini, terjadi ketika fasilitas orbit cukup sejajar dengan apa yang disebut "garis terminator", lokasi di mana Matahari terbenam atau terbit di Bumi.

Sebagai informasi, Samantha Cristoforetti adalah astronot wanita Italia yang bertugas di ISS sejak April 2022 sebagai bagian dari misi Kru-4 SpaceX, yang diperkirakan akan berlangsung selama enam bulan.

Rekan krunya termasuk astronot NASA Kjell Lindgren, Jessica Watkins, dan Robert Hines.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini