Share

6 Cara Cek NIK KTP Secara Online, Tak Perlu Repot ke Dukcapil

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 57 2610803 6-cara-cek-nik-ktp-secara-online-tak-perlu-repot-ke-dukcapil-vTVFjspvQA.jpg 6 cara cek NIK KTP secara online, tak perlu repot ke Dukcapil (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - 6 cara cek NIK KTP secara online ini bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, anda juga hemat waktu karena tidak perlu pergi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

NIK (Nomor Induk Kependudukan) sendiri, merupakan kode yang bersifat unik dan tunggal yang dimiliki oleh setiap WNI berusia 17 tahun ke atas.

Kode ini, berisi 16 digit yang penyusunannya terdiri dari 6 digit kode provinsi, kabupaten/kecamatan, 6 digit selanjutnya adalah tanggal, bulan, dan tahun lahir, 4 digit terakhir adalah nomor urut NIK.

Lalu, bagaimana cara cek NIK KTP secara online tanpa perlu repot ke Dukcapil? Dirangkum dari berbagai sumber, selengkapnya berikut ini.

6 Cara Cek NIK KTP Secara Online

1. SMS

Cara cek NIK KTP yang pertama adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor 0815-3636-9999 (disdukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dengan format Cek#KTP#NIK.

2. Call Center Dukcapil

Selanjutnya adalah melalui Call Center Dukcapil. Caranya cukup mudah, anda harus menelpon 1500-537 dan mempersiapkan data NIK dan nomor KK yang anda miliki.

3. WhatsApp

WhatsApp juga bisa digunakan untuk cek NIK. Caranya adalah dengan mengirim data diri berupa, Nama Lengkap sesuai KTP, NIK, Alamat Tinggal, lalu kirim ke 0813-2691-2479.

4. Email

Mengirim email ke email resmi dukcapil juga bisa anda coba untuk cek NIK KTP. Caranya adalah tulis pesan dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Lalu kirim ke callcenter.dukcapil@gmail.com.

5. Media Sosial

Penggunaan media sosial juga bisa membantu anda untuk hal penting semacam ini. Anda tinggal menghubungi media sosial Dukcapil, seperti Twitter atau Facebook.

6. Laman Resmi Kemendagri

Laman resmi Kemendagri adalah https://dukcapil.kemendagri.go.id/. Untuk cek NIK anda, pilih menu e-KTP dan isikan NIK yang anda miliki.

Demikian informasi mengenai 6 cara cek NIK KTP secara online tanpa perlu repot ke Dukcapil. Semoga bisa mempermudah anda dalam melakukan cek NIK KTP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini