Share

Eza Hazami, dari HR ke Konten Kreator Demi Menjawab Keresahannya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 57 2611172 eza-hazami-dari-hr-ke-konten-kreator-demi-menjawab-keresahannya-p5VPzGFz2T.jpg Erza Hazami, dari HR ke konten kreator demi menjawab keresahannya (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Di dunia digital, kita bisa menemukan berbagai macam konten. Para konten kreatornya pun memiliki keahlian di bidangnya masing-masing, termasuk konten kreator yang baru aja ngobrol bersama BuddyKu, yaitu Eza Hazami.

Ada yang belum kenal dengan Eza? Ia adalah seorang HR EB di salah satu perusahaan financial yang juga aktif membuat konten-konten tentang human resource nih Buddies.

Eza yang sudah berkarir sebagai HR sejak tahun 2017 ini suka membagikan konten-konten menarik di beberapa platform media sosial. Sebelum masuk ke pembahasan konten kreator, yuk kita simak dulu nih awalnya Bang Eza (panggilan akrabnya oleh netizen) bisa menjadi seorang HR.

“Awalnya malah nggak kepikiran mau jadi HR, karena waktu awal masuk (kuliah) masih bingung apa ya psikologi? Nah pada semester 5 udah mulai untuk magang. Di magang ini barulah dapat kesempatan untuk menjadi freelance observer dan tester ngebantuin dosen-dosen aku,” ujar Eza.

Dari situ ia merasa bahwa sebagian pekerjaan seorang HR adalah ngetes dan wawancara, yang mana ia banyak latihan di sana. Dari proses magang tersebut mulai kepikiran dan tertarik untuk menjadi seorang HR.

“(Jadi HR) aku jadi bisa banyak ngobrol sama orang, gali insight dll. Mungkin buat orang ngobrol itu biasa, buat aku kalau sudah ngobrol aku bisa banyak menggali informasi atau bahkan value yang aku nggak pernah kenal sebelumnya. Jadi sama aja kayak kita sama-sama belajar. Buat aku pribadi bisa belajar hal-hal baru,” tambahnya.

Setelah menjadi HR, Eza mengaku banyak sekali suka dukanya. Seperti misalnya ia dicap sebagai public enemy bagi karyawan meski niatnya tidak seperti itu karena membuat kebijakan dan lain-lainnya.

Bahkan karena ia berada di bagian rekrutmen, Eza mengaku ada yang deketin lalu ujung-ujungnya meminta untuk “memasukkan” anaknya ke perusahaan di tempatnya bekerja.

“Saya bilang nggak bisa karena ada proses rekrutmen dan ada standarnya. Nah sayangnya pas saya udah bilang gitu, saya malah dimusuhi,” ucapnya sambil tertawa.

Lalu bagaimana ceritanya pria berkacamata ini masuk ke dunia konten kreator? Ternyata ada salah satu kejadian yang membuatnya mantap untuk membuat konten.

Saat 2018 lalu, ia bekerja di sebuah perusahaan manufaktur yang mana berurusan dengan para buruh yang kebanyakan lulusan SMA/SMK, dirinya menemukan banyak yang belum bisa bikin CV.

“Jujur saya gemes sih, mungkin kalau (lulusan) SMA/SMK masih dimaklumi, tapi ini masa lulusan S1 nggak ngerti bikin CV yg ngegambarin skillnya dia. Kalo gini kan juga bingung kan mau seleksinya kayak gimana. Jadi dari situ deh, aku mikir nih harus ada satu orang yang bikin edukasi. Kalau sekarang di TikTok atau Reels udah banyak,” katanya.

Akhirnya ia memilih YouTube sebagai platform pertama dalam membagikan konten. Hal ini juga sekaligus menjawab keresahannya sebagai HR yang merasa harus ada satu orang atau konten yang minimal bisa memberikan mereka informasi dan edukasi.

Tujuannya adalah agar edukasinya sama di semua tingkat antar orang yang tinggal di kota besar dengan yang tidak.

“Saya mau menciptakan standarnya seperti ini sisanya silakan dikembangkan sendiri. Tujuannya agar memudahkan teman-teman pencari kerja atau yang baru lulus mendapatkan informasi yang seharusnya ia tau saat mencari kerja,” tambahnya.

Setelah mengetahui standarnya akan memudahkan mendapatkan pekerjaan. Karena lamaran yang dikirim sudah sesuai standar, penulisan CV juga sudah benar, dan pada saat wawancara kerja pun sudah sesuai dengan standar yang ada.

Eza Hazami masih banyak membagikan ceritanya sebagai HR juga akan membagikan tips yang berguna banget buat kita yang sedang mencari kerja nih Buddies. Nantikan konten-konten Eza lainnya hanya di BuddyKu.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini