Share

Ilmuwan Sebut 4 Bangsa Alien Berbahaya Bisa Serang Bumi

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 56 2612061 ilmuwan-sebut-4-bangsa-alien-berbahaya-bisa-serang-bumi-8BoLGugdpQ.jpg Ilmuwan sebut 4 bangsa alien berbahaya bisa serang Bumi (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Ilmuwan sebut empat bangsa alien berbahaya bisa menyerang Bumi. Hal ini, berdasarkan klaim seorang seorang astronom amatir dan mahasiswa PhD di Universitas Vigo, Spanyo, Alberto Caballero.

Disadur dari NDTV, Rabu (15/6/2022), sebelumnya Caballero telah menunjukkan sumber sinyal dari alien yang dijuluki "WoW Signal." ini terdeteksi pada 1977.

Caballero menjelaskan, teleskop Big Ear di Ohio State University menerima ledakan gelombang radio yang berlangsung 1 menit 12 detik.

Sinyal tersebut, berisi kode alfanumerik. Ini dianggap sebagai kandidat sinyal terbaik dari kehidupan di luar Bumi sejak manusia mulai mencari lebih dari 60 tahun yang lalu.

Selama beberapa dekade, para peneliti mencoba mempelajari sinyal dan asal-usulnya secara lebih rinci.

Sekarang, dalam makalahnya berjudul "Memperkirakan Prevalensi Peradaban Luar Angkasa yang Berbahaya" Caballero mengklaim bahwa dia telah menunjukkan dengan tepat sumber sinyal ini.

Dia percaya, itu berasal dari bintang mirip Matahari yang berjarak 1.800 tahun cahaya dari Bumi.

Penelitian Caballero dianggap lebih dari sekadar "eksperimen pikiran".

Dia mengatakan, tujuan dari makalahnya adalah untuk memperingatkan ilmuwan lain dan mengungkapkan peradaban lain yang mungkin bisa membalas pesan sinyal yang dikirim dari Bumi.

Dalam menyusun studinya, Caballero menghitung jumlah invasi yang telah terjadi di Bumi, termasuk Wow Signal, dan kemudian menerapkannya pada perkiraan jumlah planet ekstrasurya di Bima Sakti.

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan perhitungannya, jumlah peradaban yang mungkin bisa menyerang Bumi adalah empat.

Akhirnya, dia memperingatkan para ilmuwan untuk berhati-hati dalam menggunakan praktik Messaging Extraterrestrial Intelligence (METI) karena takut dapat memicu invasi alien.

Namun, menurut New York Post, peneliti juga menyimpulkan bahwa kemungkinan makhluk luar angkasa memusnahkan spesies manusia hampir sama dengan Bumi yang ditabrak oleh asteroid pembunuh planet.

Dalam makalahnya, Caballero menulis bahwa peristiwa semacam itu terjadi setiap 100 juta tahun sekali, sehingga manusia kemungkinan besar aman untuk saat ini.

Dia juga menyatakan, kemungkinan ada peradaban luar angkasa yang berbahaya di Bima Sakti yang juga telah menguasai perjalanan antarbintang.

Caballero berharap, penelitiannya akan membantu memulai percakapan tentang apakah sebenarnya berisiko mengirim pesan ke luar angkasa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini