Share

Alquran dan Sains, Yogurt Minuman yang Berkhasiat dan Dikonsumsi Rasulullah

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 56 2612334 alquran-dan-sains-yogurt-minuman-yang-berkhasiat-dan-dikonsumsi-rasulullah-REnG6kXPNQ.jpg Alquran dan sains, yogurt minuman yang berkhasiat dan dikonsumsi Rasulullah (Foto: Getty Images)

JAKARTA - Yogurt biasanya jadi salah satu menu yang dipilih untuk diet, dan juga dikonsumsi bagi orang yang baru sembuh dari sakit karena baik untuk pencernaan.

Namun, tahukah kalian bahwa minuman fermentasi ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam.

Dikutip dari buku pintar Sains dalam Al-Quran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah yang ditulis oleh Dr. Nadiah Thayyarah, Rasulullah bersanda:

“Aku tidak tahu sesuatu yang mencukupi dari makanan dan minuman selain susu.” (HR. At-Tirmidzi).

Selain itu Nabi Muhammad juga bersabda; “Allah senantiasa menurunkan penyakit dengan obatnya, maka minumlah oleh kalian susu sapi, karena ia (sapi) makan dari tiap pohon.” (HR. Ahmad).

Dalam riwayat lain, ia bersabda: “Minumlah oleh kalian susu sapi, karena susunya adalah obat, lemaknya adalah penyembuh dan dagingnya adalah penyakit.” (HR. At-Tirmidzi).

Susu merupakan makanan pertama yang dikonsumsi manusia sejak pertama lahir ke dunia ini. Para ahli gizi berpendapat, susu adalah satu-satunya makanan yang dapat mencukupi kebutuhan manusia tanpa makanan dan minuman lainnya selama jangka waktu tertentu.

Sementara itu, orang Arab pada zaman dulu biasa mengatakan aI-halib yang berarti susu segar dengan nama al-laban yang berarti susu kental (yogurt). Oleh karena itu, kita harus mengetahui perbedaan antara susu dengan yogurt.

Adapun kandungan gizi yang terdapat pada yogurt tidak jauh berbeda dari kandungan dalam susu murni. Yogurt terbuat dari susu yang difermentasikan dengan bakteri baik, serta dapat mengubah gula dalam susu menjadi asam.

Yogurt bermanfaat baik bagi orang sakit ataupun sehat karena sifatnya yang mudah dicerna. Selain itu, minuman fermentasi ini biasa dipakai untuk mengobati diare, gangguan perut, dan usus.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

Oleh karenanya Allah subhanahu wa ta’ala mencipatakan hewan ternak (sapi, kambing, domba, unta) untuk diambil susunya.

Kemudian, manusia bisa mengolahnya menjadi bentuk lain, salah satunya adalah yogurt karena di dalamnya terdapat banyak sekali manfaat.

Sebagaimana tertulis di dalam Alquran, Allah Subahanahu wa ta’ala berfirman:

وَإِنَّ لَكُمْ فِى ٱلْأَنْعَٰمِ لَعِبْرَةً ۖ نُّسْقِيكُم مِّمَّا فِى بُطُونِهِۦ مِنۢ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَّبَنًا خَالِصًا سَآئِغًا لِّلشَّٰرِبِينَ

Wa inna lakum fil-an'āmi la'ibrah, nusqīkum mimmā fī buṭụnihī mim baini farṡiw wa damil labanan khāliṣan sā`igal lisy-syāribīn

Artinya: "Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya." (QS. An Nahl: 66).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini