Share

Daftar 5 Hewan yang Lahir dari Hasil Rekayasa Genetik Manusia

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 56 2612764 daftar-5-hewan-yang-lahir-dari-hasil-rekayasa-genetik-manusia-GA3uJC2aTi.jpg Daftar 5 hewan yang lahir dari hasil rekayasa genetik manusia (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sedikitnya ada 5 hewan yang terlahir dari hasil rekayasa genetik oleh manusia. Capaian yang dilakukan para ilmuwan ini, merupakan tanda kemanjuan di bidang sains.

Dirangkum dari berbagai sumber, rekayasa genetik sendiri adalah sebuah pendekatan atau teknik untuk menghasilkan organisme baru dengan tujuan tertentu.

Misalnya, rekayasa genetik di ranah pekebunan atau pertanian, biasanya dilakukan untuk menghasilkan buah atau sayuran yang lebih besar sehingga bisa dijual dengan harga tinggi.

Selain itu, ada pula rekayasa genetik terhadap hewan, apa saja? berikut ini 5 di antaranya:

1. Sapi Biru Belgia

Ilmuwan dan peternak Belgia pada tahun 1800-an menyilangkan sapi asli lokal dengan sapi bertanduk dari Inggris. Dipilihlah sapi yang paling besar dan kuat dari kedua jenis.

Hasil rekayasa genetiknya, melahirkan seekor sapi dengan fisik yang besar dan berotot, di mana memiliki sebutan Sapi Biru Belgia.

2. Domba Dolly

Para ilmuwan pada 5 Juli 1996 sukses menghasilkan domba hasil kloning sel domba dewasa dan diberi nama Dolly. Capaian ini, diraih setelah kegagalan dalam eksperimen sebanyak 277 kali.

Kendati demikian, domba ini kerap mengalami sakit. Akhirnya, ia diistirahatkan untuk selamanya dengan suntikan khusus agar tidak merasakan sakit lagi.

3. Glofish

Ikan unik hasil rekayasa genetik ini punya kemampuan yang menarik mata, yaitu tubuhnya bisa menyala dalam kegelapan.

Mulanya, ikan Glofsih dibuat untuk mendeteksi polusi di dalam air. Tetapi, karena warnanya indah, akhirnya diperjualbelikan dengan bebas.

4. Lebah Pembunuh

Dihasilkan dari rekayasa genetik lebah Eropa dan lebah Afrika, tujuan awal lebah pembunuh ini adalah demi meningkat produksi madu dan berhasil.

Namun, tidak disangka lebah pembunuh ini juga mempunyai sistem pertahanan yang mengerikan. Andai satu lebah diganggu, seluruh koloni bakal menyerang.

5. Katak Transparan

Ilmuwan Jepang dilaporkan membuat katak transparan lewat metode rekayasa genetik, tujuannya untuk memudahkan pengamatan bagian dalam tubuhnya tanpa dibedah.

Diketahui, katak sendiri merupakan salah satu hewan yang biasa dijadikan bahan uji coba pembedahan untuk dipelakari bagian dalam tubuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini